Berita Kota Bukittinggi


Komunitas Ladang Rupa Usung Workshop Tie Dye

Perhelatan Panen Raya 2020

Kota Bukittinggi | Senin, 10/08/2020 14:49 WIB | Fachri Hamzah

Suarakampus.com- Dalam memeriahkan Panen Raya 2020, Komunitas Ladang Rupa gelar berbagai kegiatan seni, salah satunya workshop Tie Dye (celup ikat). Workshop tersebut digelar di Balairung Sari Art Space, Bukittinggi, Minggu (09/08).


Panen Raya merupakan kegiatan tahunan Ladang Rupa dalam rangka hari jadi komunitas yang bergerak di bidang kesenian dan kebudayaan itu. Perhelatan Panen Raya kali ini berlangsung selama satu minggu (08-15 Agustus).


Selain workshop Tie Dye, Panen Raya 2020 juga diisi rangkaian kegiatan lainnya seperti, pameran arsip, pasa legal, penampilan musik, performance art, bioskop taman serta peluncuran tomato zine dan serikat usaha.


Sebelumnya, Hidayatul Azmi selaku Sekretaris Umum Ladang Rupa, mengatakan, mulanya ingin mengadakan workshop seni lukis masker. Tetapi berdasarkan kesepakatan, dipilihlah Tie Dye dengan media baju kaus. "Semua orang dapat ikut workshop ini dengan syarat membawa media baju kaus," kata Azmi.


Selaku pemateri workshop, Gilang mengatakan bahwa alasan dipilihnya Tie Dye karena seni celup ikat sedang tren. "Sebenarnya Tie Dye itu bahasa luarnya, sedangkan bahasa Indonesia sama dengan membatik," jelasnya.


"Ketika sedang tren dan ada unsur budayanya mengapa tidak kita adakan, tapi jangan lupa Tie Dye itu juga budaya kita, ya membatik tadi," tambahnya.


Lanjutnya, selain sedang tren, Tie Dye ini dipilih karena lebih mudah diaplikasikan oleh masyarakat. "Target workshop kita kali ini khususnya anak muda," tandasnya. (Ndt)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus