Berita Salingka Kampus


2.889 Mahasiswa UIN IB Dapatkan Diskon UKT

Salingka Kampus | Kamis, 13/08/2020 12:43 WIB | Nandito Putra

2.889 Mahasiswa UIN IB Dapatkan Diskon UKT

Suarakampus.com-Sebanyak 2.889 Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang terima keringanan uang kuliah tunggal (UKT). Diskon tersebut diberikan sebesar 15 persen dari besaran UKT yang telah ditetapkan.

 

Berdasarkan data yang dihimpun suarakampus.com, mahasiswa yang mengajukan pengurangan UKT berjumlah 3.568, sementara itu 679 mahasiswa lainnya dinyatakan tidak berhak menerima pengurangan lantaran persyaratan yang tidak lengkap.

 

Salah seorang mahasiswa yang gagal mendapatkan keringanan UKT, Ikhsanifajar mengatakan bahwa dirinya telah melengkapi persyaratan sesuai surat keputusan rektor tentang keringanan UKT atas dampak covid-19.

 

“Mungkin karena saya tidak melampirkan surat permohonan, padahal di SK rektor hanya dimintai scan KK dan scan surat terdampak covid dari nagari saja,” sebut Mahasiswa Perbandingan Agama, Fakultas Ushuluddin itu.

 

Ia menilai bahwa pengumuman pengurangan UKT ini membingungkan mahasiswa lantaran tidak adanya kepastian dari pihak kampus. “Tanggal 12 ini diumumkan yang berhak mendapatkan diskon, sedangkan di beberapa fakultas batas terakhir pembayaran UKT tanggal 14 Agustus, otomatis kami yang tidak mendapatkan diskon ini harus bayar sesuai jadwal biasa” kata Ikhsan kepada suarakampus.com.


Lanjutnya, meskipun tidak mendapatkan diskon UKT, sebaiknya kampus memberi tenggang waktu yang lebih lama untuk mahasiswa yang tidak medapat diskon. “Kalau bisa, yang tidak dapat diskon ini juga bisa nyicillah,” tandasnya.

 

Sementara itu, Mahasiswi Hukum Ekonomi Syari’ah yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan keprihatinannya lantaran pemberian diskon UKT  banyak yang tidak tepat sasaran. “Banyak teman-teman saya yang dapat diskon UKT, padahal ekonominya baik-baik saja,” katanya

 

Kepala Biro Akademik, Fifi Hermaini mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan waktu tambahan bagi mahasiswa yang dinyatakan tidak lolos verifikasi hingga (15/08) mendatang. “Difasilitasi lagi untuk melengkapinya sesuai jadwal,” katanya, Kamis (13/08).

 

Selain tidak memenuhi persyaratan, kata Fifi, hal yang menyebabkan mahasiswa tidak lolos verifikasi disebabkan karena ada yang mengirim sebanyak tiga kali.

 

Ia menambahkan, bagi mahasiswa di beberapa fakultas yang jadwal pembayaran UKT berakhir pada 14 Agustus, sedangkan statusnya belum jelas apakah mendapatkan diskon UKT atau tidak akan diberikan perpanjangan waktu. “Insyaallah akan ada perpanjangan waktu bayar, tungga saja pengumumannya,” tutupnya. (Ndt)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus