Berita Salingka Kampus


Pustaka IAIN IB Masih Memprihatinkan

Salingka Kampus | Senin, 21/05/2012 13:05 WIB | Andika Adi Saputra

Suarakampus.com- Antri, sempit, panas, dan bocor yang disertai dengan gedung terasa akan runtuh, begitulah kondisi pustaka Induk IAIN Imam Bonjol Padang, Senin (21/05).

 

Kondisi seperti ini terjadi karena jumlah pengunjung mencapai dua ratus hingga lima ratus orang mahasiswa perharinya. Selain itu kondisi ruangan yang kurang mendukung pasca gempa 2009 silam membuat pengunjung terpaksa mengantri untuk menunggu proses registrasi, peminjaman atau pengembalian buku.

 

Jam kunjungan pustaka mulai dari pukul 08 00-11 30 WIB dilanjutkan setelah istirahat pada pukul 14.00-16 00 WIB. Dibuka setiap Senin-Jumat kecuali ada agenda rapat atau hal lainnya.

 

“Jumlah pegawai yang hanya 19 orang terkadang memaksa kami kerja dari pagi hingga sore untuk melayani semua kebutuhan pengunjung,” ungkap salah sorang pegawai pustaka yang tidak bersedia disebutkan namanya.

 

Pustaka induk IAIN ini memiliki koleksi lebih dari delapan puluh ribu, sedangkan jumlah buku yang dipinjam dalam sebulan mencapai empat ribu buku.

 

Mina salah seorang pengunjung pustaka mengatakan antri dan panas tidak membuat ia takut masuk pustaka. “Antri, panas dan gedung yang rapuh tak membuat saya takut masuk pustaka Institut untuk meminjam buku yang terbilang lengkap di kampus. Pustaka induk merupakan gudang buku terlengkap di IAIN IB Padang, selain itu juga menyedikan ruang sirkulasi, karya ilmiah dan referensi yang terpisah dari ruang peminjaman. Dulu layanan internet tersedia di lingkungan pustaka namun sekarang tidak aktif lagi pasca gempa 2009 kemarin,” jelas mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah ini.

 

Menurut pegawai pustaka, "Setiap pengunjung harus mematuhi segala peraturan yang berlaku di pustaka institut. Di antaranya  yang terlambat dalam pengembalian buku akan dikenakan denda sebesar Rp 500,-/buku dalam sehari. Hari Sabtu, Minggu serta libur Nasional tidak masuk dalam hitungan denda," katanya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus