Berita Nasional


Trend Media Online di Era Modern

Nasional | Rabu, 22/05/2012 09:09 WIB | Ridho Permana

Medan-Suarakampus.com-“Seiring dengan kemajuan teknologi masyarakat berburu informasi dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada, di Eropa dan Amerika misalnya, media cetak yang ada disana bahkan tidak lagi diminati oleh publik, ada yang tutup dan beralih ke media online,” ujar Abdul Haerah selaku Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Medan, Selasa (22/05/12).

 

Hal ini disampaikan Haerah saat kunjungan peserta dan panitia Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut LPM Teropong di Kantor Tribun Medan Lantai 3.

 

Haerah megatakan “Perusahaan Pers yang ada haruslah mensiasati agar medianya tidak ditinggalkan pembaca dan selalu eksis tentunya dengan cara-cara tertentu.”

 

Trend masyarakat yang telah beralih ke media online ini bisa dikatakan mendunia pada saat ini sesuai dengan penelitian, ada dari beberapa kalangan masyarakat yang masih membaca media cetak, tapi sekarang orang lebih dominan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada, seperti Hand Phone (BlackBarry), Laptop dan berbagai alat lainnya untuk mengakses informasi.

 

Jika dilihat dari segi waktu, bagi para pekerja kantoran, guru, karyawan, tidak ada lagi waktu untuk duduk santai baca Koran sambil minum teh atau kopi pagi.

 

Lebih lanjut Haerah menjeaskan sesuai dengan teori Charles Darwin “Kalau kita tidak mengikuti pekembangan zaman maka kita akan tamat (orang yang mampu beradaptasilah yang akan mampu bertahan).”

 

Menurut Haerah ada beberapa hal yang harus dilakukan media agar media cetak tetap dibaca yaitu, stright news, indepht news, interpretative news, investigative news.

 

“Dengan ini setidaknya media cetak yang ada masih bisa bertahan dan masih dibaca oleh publik,” tutup Haerah.  



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus