Berita Nasional


Peran Pers Mahasiswa dan Pers Umum

Nasional | Rabu, 23/05/2012 10:16 WIB | Ridho Permana

Medan-Suarakampus.com-“Beberapa Konflik yang terjadi disebabkan oleh wartawan akibat tidak selektif  dalam menulis berita,” ujar Abdul Haerah selaku pemateri dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) se Indonesia LPM Teropong, Rabu (23/05/12).

 

Banyak konflik yang terjadi dalam tubuh masyarakat, antar suku dan daerah dikarenakan peran pers tersebut balum dipahami oleh insan pers itu sendiri. Pemberitaan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya menjadi pemicu kerusuhan itu sendiri.

 

“Wartawan bisa menjadikan hal yang buruk menjadi semakin buruk, wartawan juga bisa menjadikan hal buruk menjadi baik,” ujar Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Medan ini.

 

Haerah Megatakan “Pers Mahasiswa itu Berorientasi di kampus, berada di bawah naungan kampus atau rektorat, sedangkan pers umum berada di kalangan masyarakat luas.”

 

Pers mahasiswa lebih dominan kepada pengetahuan untuk masyarakat kampus, civitas akademika kampus, dan kadang juga memberitakan hal-hal di luar kampus. Sedangkan pers umum itu cakupannya masyarakat luas serta nasional.

 

Menurut Atmakusumah Astraatmadja pers mahasiswa itu seperti humas kampus, memberikan informasi pengetahuan dan mempublikasikan hal-hal yang terjadi di kampus sendiri. Pers mahasiswa secara fungsional bisa dikatakan sebagai sarana informasi kampus, kontrol sosial, wahana pendidikan, dan juga sebagai entertaint.  



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus