Berita Salingka Kampus


Kanker Serviks Pembunuh Wanita Nomor 1 di Dunia

Salingka Kampus | Sabtu, 02/06/2012 14:10 WIB | Nela Gustihasanah, Septi Hidayati

SuaraKampus.com- Kanker Serviks pembunuh wanita nomor satu di dunia. Asia merupakan kawasan yang paling banyak menderita kanker serviks termasuk Indonesia. Untuk itu Himpunan Mahasiswa Jurusan Muamalah dengan tim GAKSI (Gerakan Anti Kanker Serviks Indonesia) adakan Seminar Nasional dengan tema “The Silent Killer, Waspada Gejalan Kanker Serviks, Pembunuh Wanita Nomor Satu di Dunia”, Jum'at (01/06) di Gedung 1 Lantai 2 Fakultas Syari'ah.

 

Acara ini menghadirkan pembicara Asep Rahmatullah Ketua Umum GAKSI dan diikuti sekitar 80 peserta berasal dari berbagai kalangan. Acara dilaksanakan dengan dua sesi ini yang diikuti oleh mahasiswa dari IAIN IB dan STKIP PGRI pada sesi pertama pukul 08.30-10.30 WIB dan para dosen serta karyawan pada sesi kedua yang berlangsung sekitar pukul10.45-11.45 WIB.

 

Dalam hal ini Asep menerangkan tentang bagaimana mendeteksi gejala awal kanker serviks, cara-cara menjaga kebersihan dan cara mencegah terjadinya kanker serviks.

 

Dikatakan Asep, bahwa penyebab kanker serviks adalah HPV (Human Papiloma Virus). Jika virus ini menempel di dinding rahim maka akan terjadi penyebaran yang bila dibiarkan akan semakin parah hingga ke stadium tiga yang bisa menyebabkan kematian.

Dalam penelitian yang telah dilakukan GAKSI diketahui bahwa satu wanita meninggal dalam satu jam karena kanker serviks di Indonesia, sedangkan di dunia menurut penelitian yang diadakan WHO dalam dua menit dua wanita meninggal karena kanker serviks.

 

Para peserta cukup antusias mendengarkan meteri yang disampaikan, “Acara yang diadakan ini cukup bagus, dan saya tertarik mengikuti seminar ini untuk menambah wawasan dan pengalaman karena saya juga wanita”, ungkap Sonya, salah satu peserta seminar dari STKIP PGRI Padang usai acara.  Acara diakhiri dengan sesi Tanya jawab.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait