Berita Salingka Kampus


Pendidikan Berkarakter dan Cerdas

Salingka Kampus | Senin, 04/10/2010 17:36 WIB | Yulia Vita Ramayona

Untuk meningkatkan peranan dalam pembangunan pendidikan, Fakultas Tarbiyah mengadakan kuliah umum yang bertemakan “Peran Fakultas Tarbiyah dalam membangun pendidikan berkarakter untuk mempersiapkan SDM Keshalehan intelektual dan keshalehan social”. Kuliah umum ditujukan untuk seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang akan melahirkan para intelektual Islam yang berakhlaq, di Gedung Serba Guna, Senin (04/10/2010).

 

 “Intisari HMM (Hakikat Martabat Manusia) ada lima hal yang mesti dipegangi yaitu iman dan taqwa, inisiatif, industrius, individual dan interaksi”, ujar Prof. Dr. H. Prayitno yang menyukai angka lima ini, ketika memberikan materi pada kuliah umum.

 

Seharusnya pendidikan lebih menekankan kehidupan yang berkarakter dan cerdas. Peserta didik dan pendidik harus memiliki kesempurnaan penciptaan manusia, menyadari dirinya sebagai khalifah di muka bumi, memperkuat daya cipta dan karsa juga daya karya dan memperhatikan kemajuan manusia. Suasana pembelajaran berkarakter dan berkecerdasan dapat disingkat dengan BMB3 yaitu berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab tambah Prayitno.

 

Dengan adanya pembangunan pendidikan yang berkarakter dan cerdas dapat mempersiapkan peserta didik dan pendidik yang sholeh dalam berintelektual dan sholeh dalam sosial, sehingga dengan bakal pendidikan tersebut dapat dipergunakan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Dr. Hj. Asmaiwaty Arief, M.Pd Pembantu Dekan I Fakultas Tarbiyah menjelaskan bahwa manusia memiliki tiga karakter yaitu orang yang beriman, tidak beriman, dan ragu-ragu. Karakter orang yang ragu-ragu ini diumpakan dengan warna yang abu-abu karena tidak jelas putih dan hitamnya. Orang seperti ini tidak memiliki kemantapan dan kejelasan dalam mengambil suatu keputusan. Kalau hal ini terjadi maka pendidikan akan melahirkan manusia yang tidak berkarakter dan bagaimana mempertanggung jawabkan dengan para generasi selanjutnya.

 

“Mari kita dukung pendidikan yang berkarakter dan cerdas supaya bisa membentuk karakter-karakter yang religi”, ungkap Asmaiwaty dengan penuh harap khususnya kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait