Berita Salingka Kampus


Seminar Internasional; Bicara Malaysia-Indonesia

Salingka Kampus | Kamis, 08/10/2010 16:50 WIB | Hamdan Kusuma/ Ababil Gufron

Sebagai bentuk kepedulian terhadap persoalan bangsa dan negara, yang tengah diliputi permasalahan dan hubungan dengan negara tetangga, Fakultas Syari’ah IAIN Imam Bonjol Padang mengadakan Seminar  internasional  di Aula Bank Indonesia Jl. Sudirman Padang, Kamis (7/10/2010) . Tema “Hubungan Agama Dan Negara Dalam Diskursus Pemikiran Sosial Dan Politik Dan Ketatanegaraan Indonesia Dan Malaysia”.

 

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintahan  yang berada di Kota Padang, Perwakilan Universitas Islam Se-Indonesia dan Institut Kajian Rantau Asia Barat Universiti Kebangsaan Malaysia serta civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang yang di wakili oleh  mahasiswa, Ketua Dema, Ketua HMJ, Ketua Senat se-lingkungan IAIN Imam Bonjol Padang.   

 

Seminar  ini berlangsung dalam tiga tahap.  Tahap pertama pada pagi hari dengan pembicara mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie SH. Yang membahas tentang Islam dan tradisi negara kostitutional . Sesi kedua dengan tema, pemikiran politik demokrasi dan pergerakan politik. Sebagai pembicaranya adalah  Prof. Dr. Yahya jaya. MA. Sesi ketiga membahas tentang agama, negara HAM dan gender dengan pembicaranya Prof. Dr. Amir Syarifuddin.

 

Tugas mahasiswa IAIN sebagai kaum intelektual harus memperkaya referensi bacaannya untuk menghadapi perkembangan ilmu hukum modren, dan banyak mencari informasi di internet tentang perkembangan bangsa ini, ungkap Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie SH.

 

Ahmad Wira selaku ketua panitia pelaksana, mengatakan seminar ini sebagai bentuk kepedulian Fakultas Syariah terhadap keadaan bangsa pada saat ini, khususnya tentang pengetahuan Hukum  Islam, melihat peranan dan kondisi umat Islam dalam kejatuhan bangsa mulai dari kemerdekaan sampai saat ini. 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait