Life Style Pernak - Pernik


Empat Manfaat Tidur Siang

Senin, 19/08/2013 13:14 WIB | Nur Khairat

Tidur merupakan rutinitas dari perjalanan hidup manusia. Akan tetapi kita sering lupa bahwa idur tidak hanya pada malam hari, melainkan juga ada di siang hari. Namun, banyak orang yang tidak bisa menyempatkan diri untuk tidur siang. Padahal, tidur siang memiliki manfaat yang tidak kalah hebatnya dibanding tidur malam seperti yang dikutip dari www.jelajahunik.us.

 

Tidur siang tidak perlu waktu lama untuk melakukan. Hal ini dikarenakan tidus siang dibutuhkan untuk sekedar mengistirakan otak serta badan seseorang setelah bekerja pada waktu sebelumnya. Berikut ini 4 manfaat dari tidur siang:

 

Tidur siang meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan belajar

Singkatnya tidur siang membuat gerakan mata terjadi lebih cepat. Hal ini sering dikaitkan dengan proses koognitif di otak. Tidur siang turut menurunkan stres dan membuat aktivitas otak bekerja lebih baik sepanjang hari.

 

Memperbaiki dan mencegah mood buruk

Rasa mengantuk dan kelelahan di siang hari bisa membuat mood Anda menjadi buruk. Misalnya mudah marah, tersinggung, membentak, dan sebagainya. Tidur siang dapat menyingkirkan itu semua.

 

Tidur siang akan meningkatkan proses kreativitas

Sebuah studi yang dirilis health.com menyebutkan, ada peningkatan kinerja otak sebelah kanan pada orang-orang yang tidur siang. Bagian otak ini banyak mengatur tentang kreativitas. Demikian juga pada orang yang tidur siang, lebih mudah bagi mereka menyelesaikan masalah dengan peningkatan kreativitas tersebut.

 

Mengurangi stress

Selain itu tidur siang mampu membantu menurunkan tingkat stress yang dimiliki. Karena banyak aktifitas yang di kerjakan, otak menjadi lebih tegang dengan terlalu banyak berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, walapupun hanya beberapa menit saja, karena tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar. Tidur siangpun juga mampu mencegah penyakit jantung. Jika melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap harinya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.




• Pernak - Pernik Terkait