Life Style Pernak - Pernik


Belajar Mandiri dari Hobi

Selasa, 07/01/2014 16:29 WIB | Risya Wardani

Mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang  tidak hanya terkenal dengan ilmu agamanya saja, tetapi  jiwa berwirausaha yang tinggi juga dikuasai. Seperti yang dilakoni oleh Riri M Nur, mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Tarbiyah. Ia sudah berjualan aksesoris selama dua tahun baik di dalam maupun di luar kampus.

 

Riri mengaku, semua diawali dari hobi dan kebetulan rumahnya di kampung dekat dengan pasar.  "Dari sinilah bakat berwirausaha saya muncul. Oleh karena itu, saya dimodali orangtua  yang notabennya juga berjualan aksesoris," kata Riri.

 

Meski awalnya tidak didukung, Ia mampu meyakinkan orangtua atas pilihannya. "Dengan tekad dan keyakinan saya untuk membantu orangtua akhirnya mereka mempercayakan juga," ungkapnya.

 

Meski begitu, aktifitas Riri sebagai wirausaha di lingkungan kampus tidak mengganggu kuliahnya. "Alhamdulillah tidak ada kendala, karena semua ini saya lakukan sejalan dengan hobi saya dan saya berjualan ketika sedang tidak ada jam kuliah," ungkap Riri.

 

Riri juga mengaku mendapat manfaat dari wirausaha yang ia geluti. "Pertama, kita terlatih untuk hidup mandiri. Alhamdulillah setelah saya  berjualan saya tidak ada lagi meminta uang kiriman dari orangtua, bahkan untuk uang kuliah pun saya sudah mampu membayar sendiri," kata Riri.

 

Riri berencana akan mengembangkan usahanya hingga lulus kuliah nanti. "Saya punya target akan melanjutkan usaha ini walaupun saya nanti sudah PNS. Karena bagi saya kuliah adalah suatu cara untuk menambah wawasan dibidang pendididkan, bukan berarti kita harus sepenuhnya menuntut untuk menjadi PNS," tutup Mahasiswi berkacamata ini.(SDR)




• Pernak - Pernik Terkait