Life Style Pernak - Pernik


Tiga Cara Mengatasi Stress

Kamis, 16/01/2014 17:15 WIB | Nur Khairat

Stress merupakan salah satu bentuk ketegangan fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit, dan gangguan mental.


Suatu kondisi yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkannya.


Seperti halnya aktivitas mahasiswa yang  identik dengan tugas perkulihan seperti

membuat makalah, kliping, atau laporan observasi. Hal ini sering membuat mereka menjadi stress dan berdampak buruk bagi kesehariannya.

 

Efek negatif stress karena tuntutan tugas kuliah seperti susah tidur, nafsu makan menurun, pikiran kacau tak menentu atau sering juga kita mendengar kata galau. Hal ini sering menjadi pemicu hilangnya semangat dalam menjalani perkulihan tersebut.

 

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan mahasiswa untuk menghindari diri dari stres karena tugas.

1. Biasakan untuk tidak menumpuk tugas.

Sebaiknya jangan membiasakan diri untuk menumpuk tugas agar tidak terjadi kekacauan atau timbulnya rasa malas karena terlalu banyak tugas. Kecenderungan kita selalu memakai sistem kebut semalam, artinya besok dikumpul malam baru dikerjakan. Sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal serta kondisi fisik kita pun menjadi kelelahan.


2. Usahakan untuk selalu membuat deadline

Berusaha untuk selalu membuat deadline penyelesaian tugas artinya sudah  ditentukan kapan diserahkan dan diselesaikan sebelum tugas tersebut diserahkan.


3. Lakukan meditasi ringan setiap pagi

Meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita. Semua tugas yang tadinya menjadi beban dapat kita hadapi dengan tenang dengan menenangkan pikiran. (SDR)




• Pernak - Pernik Terkait