Life Style Pernak - Pernik


Enam Tips Nyaman untuk Pulang Kampung

Senin, 10/07/2017 11:42 WIB | M. Iqbal

Tidak terasa akhir dari semester genap akan berakhir. Rencana pulang ke kampung halaman akan terealisasikan. Sebagian mahasiswa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke kampung halaman. Sebagian lain akan memilih dengan menggunakan transportasi umum.


Namun bagi kamu yang belum memiliki kendaraan pribadi, jangan berkecil hati, karena pulang kampung menggunakan transportasi umum tetap bisa nyaman, menyenangkan dan tentunya selamat sampai tujuan.

Dikutip dari berbagai sumber. Berikut ada tips pulang kampung dengan menggunakan trasportasi umum:


1. Pastikan kondisi tubuh sehat

Perjalanan menggunakan transportasi umum membutuhkan kondisi badan yang fit. Pastikan keadaan badan sehat sebelum berpergian jauh.

 

2. Bawa barang bawaan secukupnya  

Seperti kita ketahui kapasitas bagasi pada seluruh transportasi umum sangat terbatas. Bahkan pesawat terbang akan mengenakan biaya tambahan bila membawa bagasi melebihi aturan. Untuk itu, sangat disarankan untuk membawa barang yang tidak berlebihan dalam menikmati libur di kampung halaman.

 

3. Berpakaian yang nyaman dan sopan

Hindari mengenakan pakaian terlalu terbuka atau memiliki bahan yang tidak nyaman. Berada dalam kendaraan dalam waktu yang cukup lama akan membuat ruang gerakmu terbatas. Selain itu, jangan memakai pakaian yang terbuka, agar tidak menggundang aksi pelecehan.

 

4. Bawa alat hiburan

Perjalanan mudik yang panjang tentu bisa sangat membosankan. Untuk itu jangan lupa membawa hiburan seperti buku, music player, tablet, atau smartphone. Ingat untuk mengisi penuh semua baterai gawai elektronik anda agar bisa menjadi teman selama perjalanan.

 

5. Membawa uang tunai secukupnya

Siapkan uang tunai anda, karena tidak semua toko menyediakan mesin debit dan kartu kredit. Sebelum jalan, lakukan perhitungan kasar pengeluaran yang akan kita habiskan selama di perjalanan. Hitung dari pengeluaran besar hingga kecil termasuk biaya makan, parkir, tol, tolet, dan lain sebagainya.

 

6. Berdoalah agar selamat sampai di tujuan

Sebelum berangkat dan dalam perjalanan pulang kampung jangan lupa berdoa. Karena seperti kita ketahui, setiap tahun ada saja kecelakaan yang sewaktu-waktu bisa menimpa siapa saja.




• Pernak - Pernik Terkait