Life Style Pernak - Pernik


Tips Mengurangi Kecanduan Gadged

Senin, 23/12/2019 13:48 WIB | Dyla Fajhriani. N, S.SosI, S. Pd, M. Pd

Gadged merupakan media elektronik yang umum dipakai oleh setiap kalangan baik dari anak-anak, remaja, dewasa hingga tua. Penggunaan gadged yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya bahkan dapat mengurangi kosentrasi dan mempengaruhi kesehatan mata.

 

 

Adapun tips mengurangi kecanduan gadged yaitu:

 

Gunakan gadged untuk hal-hal yang bermanfaat

Gunakanlah gadged yang kamu miliki dengan kegiatan yang bermanfaat seperti mencari jurnal, makalah, dan mencari tugas sekolah/kuliah.

 

Gunakan  waktu  lebih banyak dengan keluarga.

Untuk mengurangi kecanduan gadged sebaiknya meminimalisir penggunaan gadged dan gunakan waktu lebih banyak untuk keluarga seperti kumpul bareng, jalan-jalan  dan sharing dengan keluarga sehingga akan timbul keakraban dengan keluarga.

 

Sering mengadakan kegiatan sosial dengan teman-teman

Kegiatan sosial sangat berdampak baik bagi diri sendiri selain bisa menambah teman juga bisa sebagai penanaman nilai dan kebiasaan yang positif.

 

Dekatkan diri kepada Allah SWT

Kurangilah waktu penggunaan gadged dengan lebih rajin beribadah seperti sholat, mengaji dan rajin ke masjid.

 

Buat jadwal kegiatan harian

Biasakanlah membuat jadwal harian sehingga kita tahu waktu yang akan kita kerjakan bukan hanya waktu belajar saja tetapi waktu kegiatan sehari-hari seingga menjadikan perilaku  lebih terarah dan meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia.

 

Hapus aplikasi gadged yang tidak diperlukan

Aplikasi dalam gadged sangat banyak dan menjadikan penggunaanya ketagihan menggunakan gadged. Maka, hapuslah aplikasi yang tidak diperlukan.

 




• Pernak - Pernik Terkait
Suarakampus