Life Style Pernak - Pernik


Tips Menghadapi Cuaca Panas

Sabtu, 04/04/2020 12:30 WIB | Dyla Fajhriani. N

Cuaca panas saat ini sedang melanda beberapa daerah di Indonesia. Cuaca panas dan terik sinar matahari akan membuat seseorang merasakan kulitnya seperti terbakar disertai pusing atau sakit kepala. Sehingga di saat cuaca panas banyak orang yang enggan pergi ke luar rumah dan mengakibatkan aktivitas sehari-hari menjadi terhambat.

 

Berikut tips dalam menghadapi cuaca panas 

 

1. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan zat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Sekitar 70 % tubuh kita membutuhkan air, apabila seseorang kekurangan asupan air putih maka tubuhnya akan dehidrasi. Jika tidak disikapi dengan baik akan berdampak pada fungsi orang tubuh terutama ginjal. Jadi, sering-seringlah minum air putih kalau perlu bawa botol air minum saat berpergian.

 

2. Hindari pakaian yang berwarna hitam

Pakaian berwarna hitam akan menyerap panas matahari dan panas dari tubuh, sehingga mengakibabitkan orang yang memakai baju warna hitam akan merasakan panas yang berlebihan dbanding orang yang tidak menggunakan pakaian hitam.

 

3. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Pakailah pakaian yang menyerap keringat di musim panas, seperti: pakaian berbahan katun, linen, jersey dan lain-lain. 

 

4. Gunakan payung dan topi ketika ingin keluar rumah

Payung dan topi sangat membantu untuk mengurangi dampak cahaya panas matahari. Panas matahari secara langsung mengenai kepala selain berdampak pada kulit juga mengakibatkan kepala menjadi pusing.

 

5. Hindari minum-minuman soft drink

Minuman soft drink akan berdampak pada kesehatan seseorang karena minuman tersebut mengandung pewarna, pemanis, pengawet dan gas yang dapat mengurangi kinerja tubuh dan berdampak buruk bagi kesehatan. 

 

6. Gunakan tabir surya

Tabir surya sangat diperlukan untuk tubuh karena akan melindungi kulit dari terik matahari. Tabir surya dapat berupa krim yang dioleskan ke kulit tubuh dan kulit wajah. Hal itu berguna untuk mengurangi efek daari bahaya paparan sinar ultraviolet.


“Semoga Bermanfaat” 




• Pernak - Pernik Terkait
Suarakampus