Life Style Pernak - Pernik


Lima Tips Meningkatkan Minat dan Kualitas Membaca Buku

Rabu, 08/04/2020 20:54 WIB | Nanda

Membaca adalah suatu keharusan bagi kalangan berpendidikan, baik dimulai dari siswa, mahasiswa, guru, dosen, doktor dan sekalipun profesor harus memiliki minat dan kualitas membaca yang baik, bahkan tidak hanya kalangan berpendidikan. Namun masyarakat awam pun harus memiliki kesadaran betapa pentingnya membaca buku demi meningkatkan budaya literasi. 


Data yang diperoleh dari situs resmi Kominfo, UNESCO menempatkan Indonesia diperingkat paling rendah mengenai minat baca, dari data tersebut Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Maka dari 1000 orang Indonesia, baik itu kalangan berpendidikan maupun masyarakat awam, hanya 1 orang yang rajin membaca buku. Penelitian yang dilakukan oleh Central Connecticut State University bertajuk Bangsa-Bangsa Paling Literate Dunia menempati Peringkat pada 9 Maret 2016, Indonesia  posisi ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Lantas bagaimana cara meningkatkan minat dan kualitas membaca agar budaya literasi kita meningkat?

1. Munculkan niat membaca
Pada umumnya, orang malas membaca karena niat atau keinginan yang kurang bahkan tidak ada sama sekali, sehingga belum membaca, memegang buku saja sudah timbul rasa malas. Maka dari itu munculkan lah niat yang serius, dan tanamkan dalam hati bahwa buku merupakan gudang ilmu pengetahuan, sehingga menjadi kebutuhan untuk membacanya.

2. Membuat list buku yang ingin dibaca
Ketika kamu telah memiliki niat yang serius dan kuat, maka langkah selanjutnya membuat list atau daftar bahan bacaan yang ingin dibaca, yang jelas carilah bahan bacaan yang membuat diri nyaman dan tentu ada pengetahuan yang didapatkan dari buku tersebut.
Ketika membuat list buku , buat juga target minimal dan maksimal kamu dalam membacanya, contoh buku pertama ingin diselesaikan dalam satu minggu, tergantung kesanggupan kamu dalam menyelesaikan bacaan tadi.

3.Membaca diwaktu yang tepat 
Sebenarnya membaca di segala kondisi dan waktu itu tidak baik, lebih efektif rasanya jika memilih waktu yang tepat untuk membaca, semakin efektif dalam memilih waktu, maka semakin pula mudah memahami buku yang dibaca karena otak dapat bekerja dengan baik sehingga lebih cepat memahami isi buku yang dibaca. Jika membaca di segala kondisi dan waktu tentu otak menjadi lelah dan mata pun tidak fokus, sehingga kita tidak dapat informasi atau pengetahuan apa-apa dari buku tersebut.
Contohnya ketika selesai beribadah, apalagi bagi beragama islam setelah melakukan ibadah shalat, karena biasanya setelah shalat orang akan lebih segar baik fisik maupun mental sehingga tingkat konsentrasi pun lebih meningkat.

4. Menulis poin-poin penting dari buku yang telah dibaca.
Menulis kembali poin-poin penting setelah membaca suatu buku secara tidak langsung berarti kita mengulang kembali ingatan mengenai apa yang telah kita pahami dari buku tadi dan ini salah satu metode agar buku yang dibaca sebelumnya teringat dalam otak.

5. Cobalah untuk konsisten
Segala perbuatan tidak akan terasa dampaknya jika tidak dilakukan secara konsisten, maka ketika kamu telah melakukan langkah-langkah sebelumnya, maka cobalah untuk melakukannya berulang-ulang sehingga konsisten, maka pasti akan banyak buku yang telah kamu baca.  

Itulah lima tips agar minat dan kualitas membaca kamu bisa menjadi meningkat, mari membaca agar budaya literasi kita meningkat dan menuju Indonesia yang cerdas. 




• Pernak - Pernik Terkait
Suarakampus