Opini


Sah, Bukan Berarti Penolakan Tak Disuarakan

Rabu, 07/10/2020 09:05 WIB | Oleh : Alif Ilham Fajriadi, Mahasiswa UIN Imam Bonjol

Tok, Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja (Omnibus Law Ciptaker) disahkan. Waduh, ini artinya sudah gawat. Pengesahan itu terjadi pada Rapat Paripurna DPR RI Senin 5 Oktober 2020. Tanpa mendengar dan merasakan suara dari rakyat yang menggemakan penolakan RUU itu untuk disahkan. Namun, apa hal, tetap sah juga sekarang.


+ opini selengkapnya

 

Upaya Pelestarian Bahasa Daerah di Era Digital

Kamis, 20/08/2020 08:22 WIB | Oleh : Novit Safda Putra

Bahasa daerah adalah bahasa yang dituturkan di suatu wilayah dalam sebuah negara kebangsaan. Apakah itu pada suatu daerah kecil, negara bagian, atau provinsi. Keberadaan bahasa daerah sangat erat kaitannya dengan eksistensi suku bangsa yang melahirkan dan menuturkan bahasa tersebut. Bahasa menjadi unsur pendukung utama tradisi dan adat istiadat. Bahasa juga menjadi unsur pembentuk sastra, seni, kebudayaan, hingga peradaban sebuah suku bangsa. 


+ opini selengkapnya

 

Sarkasme Di Dunia Pendidikan

Jumat, 05/06/2020 11:18 WIB | Oleh : Nabila Mayesa, Mahasiswa Jurusan Satra Minangkabau, FIB, Unanda

Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lain. Ia ingin mengetahui apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Rasa ingin tau ini memaksa manusia untuk berkomunikasi. Dalam melakukan komunikasi manusia memerlukan alat untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan keinginannya. Salah satu alat komunikasi manusia adalah bahasa. Semua orang menyadari bahwa interaksi dan segala macam kegiatan dalam bermasyarakat tidak bisa lepas dari bahasa. 


+ opini selengkapnya

 

22 Tahun Reformasi: Menuju Orde (Paling) Baru

Kamis, 21/05/2020 11:13 WIB | Oleh : Nandito Putra

Hari ini, tepat 22 tahun keruntuhan rezim otoriter Orde Baru yang ditandai dengan dimulainya babak reformasi. Transisi demokrasi  yang ditandai dengan runtuhnya rezim Orde Baru yang brekuasa selama 32 tahun, menandakan Indonesia memasuki sebuah fase politik baru, yaitu menurunnya otoritas negara atas masyarakat.


+ opini selengkapnya

 

Kuliah Online Tidak Menjadi Harapan

Senin, 04/05/2020 02:24 WIB | Oleh : Riko Putra, Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam UIN IB Padang.

Pandemi Covid-19 memberi dampak yang banyak terhadap semua lini kehidupan. Bukan hanya sebagai sudut pandang, tentu sebagai yang menuliskan dan membaca akan sepakat dengan argumen tersebut. Semua orang merasakan dampak dari virus yang menghebohkan ini. Salah satunya yaitu masalah Ekonomi. 


+ opini selengkapnya

 





Suarakampus