Opini


Payung Teduh untuk Pers Mahasiswa

Jumat, 07/07/2017 22:07 WIB | Oleh : Muhammad Iqbal

Proses peliputan yang dilakukan oleh Pers mahasiswa yang akrab disebut sebagai Persma sering kali dihadapi oleh permasalahan yang sulit, salah satunya tindakan menakut-menakuti dari narasumber yang berasal dari pejabat kampus. Pelarangan terbit, perampasan produk hingga ancaman tidak keluarnya anggaran untuk lembaga Persma. Sehingga itu menjadi kecaman tersendiri.


+ opini selengkapnya

 

Hati-hati Terhadap Persekusi

Minggu, 04/06/2017 20:28 WIB | Oleh : Muhammad Iqbal

Maraknya berita di media sosial mempublikasikan sebuah penangkapan sebuah oknum yang melakukan tindakan persekusi, tindakan tersebut dapat diantisipasi oleh aparat penegak hukum dalam waktu yang singkat sehingga pelaku dapat diamankan. Penangkapan terhadap tindakan persekusi terjadi setelah adanya laporan dari korban kepada pihak yang berwajib.


+ opini selengkapnya

 

UIN Baru Tantangan dan Harapan

Jumat, 02/06/2017 16:06 WIB | Oleh : Waladon Karimin

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 tahun 2017, IAIN Imam Bonjol resmi berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol. Setelah diresmikannya IAIN IB menjadi UIN atau  Peralihan status dari IAIN IB menjadi UIN IB merupakan suatu kesan hasanah tersendiri bagi kampus Imam Bonjol ini. Peralihan status ini merupakan suatu bentuk tantangan baru bagi kampus ini. Karena suatu universitas haruslah memiliki kualitas, kuantitas serta sistim yang baik dan mengkaji ilmu yang kompleks, sehingga kampus ini mampu bersaing dan menciptakan generasi yang hebat dan bermatabat serta mampu memberikan manfaat pada setiap lapisan masyarakat dan bangsa ini.


+ opini selengkapnya

 

Cepat Merasa Cukup itu Belum Cukup

Jumat, 02/06/2017 15:52 WIB | Oleh : Lisa Fauziah

Menjadi yang lebih baik dari rasa cukup, bisa menjadikan diri lebih dalam memaknai sebuah kehidupan. Saya pernah mendengar cilotehan obrolan saat istirahat kerja dan kebetulan saya berada di sana ikut mendengarkan diskusi. Saat itu saya mendengar seorang professor menanyakan kepada seorang sarjana S1 mengapa tidak melanjutkan pendidikan sampai S2 lagi. Wanita itu menjawab “sudah cukup pak dengan ini, untuk S1 saja itu sudah mujur,” sampainya. Nada menasehati muncul dari Bapak professor tersebut bahwasanya jangan pernah menjadi orang sombong.


+ opini selengkapnya

 

Perbaiki Kualitas Waktu untuk Diri

Jumat, 02/06/2017 15:44 WIB | Oleh : Lisa Fauziah

Waktu luang merupakan waktu produktif,  dimana seseorang yang bisa memanfaatkan waktu maka ialah yang berhasil memanajemen waktu . Waktu luang (free time) adalah waktu dimana kita bisa melakukan hal yang kita suka , biasanya merujuk kepada sesuatu yang santai. Melakukan apa yang menjadi kesukaan anda diwaktu luang merupakan hal yang produktif dan memiliki waktu tersendiri. Hal ini akan meningkatkan kreativitas , menginspirasi , dan mendorong anda untuk melakukan hal yang lebih hebat lagi.


+ opini selengkapnya