Opini › Opini


Selamat Berwisuda

Sabtu, 09/09/2017 22:03 WIB | Oleh : Muhammad Iqbal

Engkau sarjana muda/ Resah mencari kerja /Tak berguna ijazahmu /Empat tahun lamanya /Bergelut dengan buku

 

Menjelang persiapan wisuda di perguruan tinggi UIN Imam Bonjol Padang, lirik lagu “Sarjana Muda” milik Iwan Fals bisa menjadi bahan renungan dan kita simak bagi mereka yang akan dan telah diwisuda, tetapi juga perguruan tinggi yang menyelenggarakan wisuda tersebut. Kemampuan dan kegigihan selama kuliah akan dipertanggungjawabkan saat sidang skripsi dan di dunia kerja nantinya.

  

Kapan wisuda? Sudah semester sekarang? Sekumpulan pertanyaan itu menghiasi para mahasiswa semester akhir. Proses selama empat tahun di perguruan tinggi diuji demi mendapatkan selembaran ijazah yang sangat berharga. Halaman demi halaman skripsi harus diselesaikan sesuai dengan harapan penulis dan pembimbing.

 

Sikap, mental dan ketenangan dalam menjawab pertanyaan setiap penguji sangat menentukan kelulusan wisuda. Berhasil atau tidak dalam tahap ini, menjadi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai calon sarjana.

 

Wisuda adalah proses akhir dalam rangkaian kegiatan akademik pada perguruan tinggi. Sebagai tanda pengukuhan atas selesainya studi. Dalam perayaan tersebut hadir rektor, para kabinetnya dan tamu undangan. Tidak lupa orang tua yang hadir dalam seremoni tersebut, yang memberi dukungan moral dan materil dari kampung halaman.

 

Tanggung jawab seorang yang baru diwisuda tidak berakhir dalam seremoni pemindahan tali toga atau penyerahan ijazah. Tanggung jawab lebih besar justru ketika ia terjun ke masyarakat. Bagaimana tanggung jawab ini dilaksanakan ialah bagaimana ilmu dan ijazah yang telah ia raih mampu menjadi jaminan bagi kehidupannya kelak.

 

Ijazah dan transkip nilai hanya menjadi pondasi dalam melangkah. Wisuda bukan hanya seremoni semata. Namun alam liar yang harus ditempuh dengan ilmu dan wawasan yang diperoleh selama kuliah. Sebab yang menentukan keberhasilan setelah wisuda adalah proses yang telah dilalui selama kuliah, kualitas ilmu yang diperoleh dan kedisplinan serta kejujuran akademis, bukan hanya kedisplinan saat wisuda, foto wisuda, pesta wisuda dan ijazah.

 

Jangan lupa berterima kasih kepada rektor, dekan, dosen dan pegawai yang telah berusaha melahirkan generasi untuk memimpin bangsa kedepannya. Kepada orang tua yang telah memberikan dukungan moral dan materi serta kepada jasa foto copy, kontrakan, kantin dan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya.

 

Sudah saatnya semua ilmu yang  diperoleh dan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Semoga para wisudawan UIN Imam Bonjol Padang ke-78 mampu memberi perubahan untuk bangsa dan negara.

 

Kini, kita perlu mengucapkan selamat kepada mereka yang diwisuda, tetapi kita juga perlu menunggu untuk melihat, jangan sampai satu atau dua tahun ke depan mereka yang diwisuda ini justru mengalami apa yang dilantangkan Iwan Fals dalam syair penutup lagu “Sarjana Muda”.

 

Engkau sarjana muda/ Resah tak dapat kerja/ Tak berguna ijazahmu/Empat tahun lamanya/ Bergelut dengan buku/ Sia-sia semuanya/Setengah putus asa dia berucap… maaf ibu…



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan opini ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Opini Terkait