Opini › Opini


Komunikasi Efektif dan Kesuksesan

Senin, 18/09/2017 15:15 WIB | Oleh : Waladon Karimin

Komunikasi adalah suatu hal yang sangat fundamental dalam kehidupan manusia baik dalam kegiatan interaksi sosial, kegiatan organisasi, termasuk interaksi manusia dengan tuhan yang maha Esa, dan bahkan komunikasi juga sangat menentukan sutu kesuksesan dari seseorang atau kelompok dalam banyak hal. Sebut saja contohnya seorang politikus berhasil mengkomunikasikan tentang visi misi dirinya pada orang lain, sehingga ia mampu terpilih dan dipercayai sebagi seorang pemimpin dengan komunikasi yang efektif  kemudian melahirkan akredibility bagi dirinya. Manusia yang tidak pernah berkomunikasi akan terisolasi dalam masyarakatnya. Tujuan suatu kelompok atau organisasi akan mudah dicapai jika komunikasi dalam kelompok organisasi tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Namun tak jarang juga manusia mengalami kegagalan dalam berkomunikasi sehingga menyebabkan mereka gagal dalam berbagai hal aktivits tertentu.  Salah satu contohnya adalah dalam sebuh perusahaan atau organisasi tertentu baik itu organisasi kecil maupun organisasi yang besar sekalipun. Ketika suatu pimpinan tidak menyampaikan perintah atau aturan dengan jelas dan tegas maka kinerja para bawahannya cinderung tidak baik atau kurang produktif.


Komunikasi itu sangat terkait dengan seluruh aktivitas manusia. Sebagai makluk sosial manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Ia pun juga ingin mengetahui lingkungan sekitarnya bahkan ingin mengetahui apa yang ada dalam dirinya sendiri. Sehingga manusia yang mampu berkomunikasi dengan dirinya ia cinderung hidup terkendali berdasarkan kemampuan yang diketahuinya itu tentang dirinya. Maka dari kebutuhan ini memaksa manusia untuk perlunya komunikasi efektif. Bahkan komunikasi sama halnya dengan kebutuhan manusia untuk bernapas seperti yang dikutip dalam buku prof  Hafied Cangara di dalam bukunya pengantar ilmu komunikasi.


Seperti yang dikatakan profesor Wilbur Schramm menyebutkan bahwa “komunikasi dan masyarakat adalah dua kata yang kembar yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.” Maka saya pribadi berpendapat kedua kata tersebut sangat terkait erat denga ilmu sosial. Dan ilmu sosial adalah ilmu yang membahas masyarakat dan interaksinya. Sebenarnya banyak sekali definisi sukses dalam masyarakat namun disini sukses yang saya maksudkan adalah sukses karena suatu individu atau kelompok berhasil berkomunikasi dengan yang lainnya sehingga masyarakat tersebut bisa hidup berdampingan dan saling memahami. Kemudian masyarakat madani tidak akan dapat terwujud jika komunikasi mereka tidak berjalan dengan baik. Maka sering kerisuhan dalam kelompok masyarakat tek jarang disebabkan oleh kegagalan mereka dalam berkomunikasi. Sama halnya dengan aktivitas berlalulintas jika pengendara tidak dapat memahami rambu-rambu berlalulintas maka akan terjadilah kesalah pahaman kemudian terjadilah kecelakaan berlalu lintas. Karena dengan berkomunikasilah mereka bisa mamahami simbol dan aturan berlalulintas.


Jadi demikian juga halnya dalam kehidupan sukses bermasyarakat kelancaran dalam berkomunikasi sangat diperlukan. Karena masyarakat lahir dari berbagai ide dan gagasan sehingga ada hal yang dapat membut mereka saling berbeda pandangan maka dengan berinteraksi yaitu den komunikasi yang baik. Kemudian setelah berinteraksi perlu adanya keberhasilan dalam suatu masyarakat yaitu kokoh dalam kebersaman dengan cara menjalin komunikasi yang baik efektif.


Sebagai contoh seorang pilar yang berhasil dan sukses dalam bermasyarakat adalah sejarah Islam Nabi Muhammad Saw, yang mana beliau berhasil menjadi panutan banyak orang dan itu dibuktikan beliau saat dua kubu besar Muhajirin dan Anshar bisa hidup berdampingan walau budaya mereka saling berbeda. Semua hal itu juga ditentukan dengan cara berkomunikasi mereka antara yang satu dengan yang lainnya. 

Sukses dalam berorganisasi, organisasi merupakan kumpulan individu-individu yang membentuk suatu kelompok untuk saling berkerjasama dalam mencapai tujuan tertentu. Karena kelompok berasal dari individu-individu maka dalam membentuk ide dan tujuan bersama maka sangat diperlukan komunikasi dalam sebuah organisasi baik itu organisai kecil apalagi organisasi besar.  Kesemua itu butuh komunikasi yang baik dalam mencapai persamaan tujuan dan kestabilan mereka dalam berorganisasi. Kelompok organisasi kecil berupa perkumpulan paguyuban, alumni, mahasiswa dan banyak lainnya. Maka dalam kelompok yang cinderung cangkupannya terbilang kecil maka organisasi tersebut biasanya sangatlah mudah dalam menjalin berkomunikasi namun belum tentu mereka bisa berkomunikasi dengan efektif. Kemudian bagaimanakah dengan organisasi besar sepeti organisasi pemerintah misalnya. Apakah di negara kita para pemerintah telah berhasil berkomunikasi dengan baik (efektif) atau sebaliknya? Kurangnya komunikasi yang baik antara Pemerintah dengan DPR, dan DPR dengan rakyat, termasuk juga MA di dalamnya. Maka hal ini membuat apa yang seharusnya diaspirasikan atas nama rakyat kurang berjalan dengan begitu baik sehingga kualaitas kehidupan rakyat juga sangat ditentukan oleh kualitas  komunikasi antar para elit-elit negeri ini seperti Legislatifnya, Yudikatifnya, Eksekutifnya dan termasuk juga para rakyatnya.


Sehingga kelompok-kelompok organisasi yang telah berhasil sukses sering terkait dengan keberhasilan mereka dalam berkomuniksi antara satu dengan yang lainnya.  Namun jika komunikasi dalam berorganisasi sudah mulai tersumbat. Maka bisa dipastika organisasi tersebut akan bisa hancur dan terjadi kekacauan dalam internal kelompok tersebut. Ayo para pemimpin negeri ini jalinlah komunikasi dengan baik dengan seluruh pihak sehingga terwujudlah masyarakat yang hidup kompak dan saling berkomitmen dalam kebersaman untuk kemajuan negeri ini. Maka apabila para aparatur legislatif ,eksekutif, yudikatif dan rakyat mau menjalin komunikasi yang efektif dan selau menjaga hubungan yang baik. Maka setiap ide dalam bernegara akan mudah terwujud karena semua bisa berkomunikasi dengan baik dalam berbagai hal untuk kepentingan bersama pula. Jangan lagi ada kegaduhan dalam organisasi pemerintah karena kegaduhan tersebut tidak dapat mengatasi masalah di negeri ini maka selalulah jaga komunikasi yang baik dan efektif.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan opini ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Opini Terkait