Opini › Feature


Pentingnya Peran Pohon dalam Kehidupan

Rabu, 18/09/2019 17:42 WIB | Oleh : Geva Nuansa Azzuri (Mg)

Manusia memerlukan oksigen untuk bernafas sebanyak 0,5 kg per hari. Jika saja dua anggota keluarga dalam satu rumah harus dinaungi satuh pohon yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Lalu bagaimana dengan fasilitas umum lainnya yang bahkan menampung banyak orang disekitarnya seperti halnya kampus, taman bermain, sekolah dan hal lain semacamnya. Tentu akan membutuhkan banyak pohon yang cukup besar agar manusia dapat menghirup oksigen dengan baik.


+ feature selengkapnya

 

Abdullah Khusairi: Belajar dan Mengajar, Wajib Hukumnya

Sabtu, 07/09/2019 17:17 WIB | Oleh : Alif Ilham Fajriadi (Koordinator Liputan LPM Suara Kampus 2019)

“Kalau anda mau sukses, harus menguasai empat hal ini, pertama akademik yang bagus, wawasan yang luas dan link yang banyak,” ujar Abdullah Khusairi yang tempo lalu sudah mendapatkan gelar doktornya di UIN Syarif Hidayatul, Jakarta. Dengan judul disertasi ‘Diskursus Islam Kontemporer di Media Cetak: Kajian Terhadap Radikalisme dalam Artikel Populer Surat Kabar Kompas dan Republika 2013-2017’.


+ feature selengkapnya

 

Stupid Mistake! Jadi Doktor Abang Itu

Sabtu, 06/09/2019 16:35 WIB | Oleh : Muhammad Iqbal (Pemimpin Redaksi LPM Suara Kampus Tahun 2018)

"Jangan jadi jurnalis stupid mistake," ujar kiriman yang saya terima dari grup Keluarga LPM Suara Kampus, seketika tekanan darah di tubuh saya naik, marah dan kesal saya dapatkan, dari ucapan tersebut, entah apa yang dipikirkan dari si pengirim saya tak tahu.


+ feature selengkapnya

 

Melihat Mahasiswa dalam Pandangan Non Civitas Academica

Rabu, 10/04/2019 04:27 WIB | Oleh : Ilham Army (Mg)

Melihat perilaku mahasiswa tidak hanya dari penilaian para dosen. Perilaku, penampilan dan permasalahan mahasiswa bisa kita lihat dari sudut pandang dari kalangan yang juga ikut andil dalam perkembangan kampus yaitu Cleaning Service, pemilik kantin, dan Satuan Pengamanan (Satpam). Mereka juga berhak menilai perilaku mahasiswa walaupun orang-orang ini tidak berpengaruh dalam proses perkuliah mahasiswa.


+ feature selengkapnya

 

Selamatkan Ekosistem Laut

Kamis, 27/12/2018 16:23 WIB | Oleh : Neni Cahnia

Kesadaran manusia semakin berkurang dengan lingkungan sekitar. Hal ini besar kemungkinan karena teknologi yang semakin maju yang membuat sebagian besar orang-orang lebih antusias menggunakan teknologi dan menjadi orang yang apatis terhadap lingkungannya sendiri. Sebut saja sekarang gadget  yang banyak berpengaruh pada tingkat kepedulian lingkungan sekitar, membuat sebagian besar orang-orang merasa lingkungan tidak lagi penting.


+ feature selengkapnya