Opini


Setan Domestik dan Publik

Minggu, 29/04/2018 11:14 WIB | Oleh : Duski Samad (Ketua MUI Kota Padang)

Viral pernyataan Amin Rais saat ceramah di sebuah masjid di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat, 13 April 2018 lalu, yang menyebut ada kelompok dari  'Partai Allah' dan 'Partai Setan'.dengan mendasarkanya pada surat al-Mujadillah, surat ke 58 ayat 19 dan 22 tentang Hizbul Allah dan Hizbul  Setan,  adalah bentuk tingginya tensi politik di tahun politik 2018-2019 ini.  Pro kontra, debat dan wacana luas soal ini  adalah wajar dan sah-sah saja. Hanya saja kadang-kadang masyarakat umum menjadi salah paham bahwa keadaan ini adalah bentuk dari demokrasi atau kebebasan berbicara yang tidak lagi dalam batasan-batasan dan kapasitas dari orang-orang ahli dibidangnya.


+ opini selengkapnya

 

Cadar Effect

Minggu, 11/03/2018 11:11 WIB | Oleh : Duski Samad (Ketua MUI Kota Padang)

Viralnya larangan bercadar di Perguruan Tinggi Islam UIN Sunan Kalijaga Joyakarta beberapa hari lalu adalah bahagian dari buah kebebasan yang diakselerasi oleh dunia digital dalam bentuk gugatan di media sosial. Pro konta tentang busana muslimah (kaum perempuan) sebenarnya tidak perlu terjadi, jika soal busana  dipahami sebagai pelaksanaan keyakinan dan pilihan mereka. Masalahnya menjadi luas dan melebihi konteks busananya, ketika ia dihubungkaitkan dengan prilaku beberapa orang, atau ada pihak-pihak yang memboncengi busana cadar sebagai topeng menutupi perbuatan tercela dan atau melawan hukum.  


+ opini selengkapnya

 

Islam dan Negara

Kamis, 15/02/2018 20:59 WIB | Oleh : Syamsuar Syam

Negara adalah organisasi bangsa untuk mencapai tujuannya. Jadi negara itu bukanlah tujuan melainkan alat, terutama bagi umat Islam. Bagi umat Islam, negara adalah alat untuk merealisasikan kedudukannya sebagai abdi Allah dan mengaktualisasikan fungsinya sebagai khalifah Allah. Untuk mencapai keridhaan-Nya, kesejahteraan dunia dan akhirat, serta menjadi rahmat bagi seluruh alam. Dengan demikian tidak ada pemisahan antara agama dan negara, karena negara merupakan alat seorang muslim untuk mencapai tujuannya, yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat dalam ridha-Nya ini tentu saja dapat dicapai hanya dengan mengamalkan ajaran-Nya. Kekuasaan tertinggi terhadap seluruh alam dan hukum hanya ada pada Allah, Tuhan seru Sekalian Alam.


+ opini selengkapnya

 

Kaum Intelektual Harus Berpikir dan Bersikap Intelek

Senin, 29/01/2018 15:43 WIB | Oleh : Zulfaizah Fitri

Jika kita Flashback  pada perjuangan mahasiswa era’98, muncul dalam benak kita empat tokoh muda seperti  Elang Mulya lesmana, Heri hertanto, Hafidin Royan dan Hendriawan Sie,  mereka gugur sebagai pahlawan dalam menyampaikan aspirasinya untuk meruntuhkan rezim orde baru yang ditunggangi praktik Korupsi Kolusi Nepotisme. 


+ opini selengkapnya

 

Mahasiswa dalam Tempurung

Selasa, 12/12/2017 15:39 WIB | Oleh : Fitrah Al Siddiq

Tiga tahun sudah tidak ada Dewan Mahasiswa (Dema) di Universitas ini, kita tidak memedulikannya. Mereka pun terlalu berpolemik ketika mengurusnya kembali. Intinya kita dan mereka sama, sama-sama terbiasa tanpa ada lembaga mahasiswa tertinggi. 


+ opini selengkapnya