Opini


Sadar dengan Hak Anak

Sabtu, 10/11/2018 12:56 WIB | Oleh : Lisa Fauziah

Menjadi anak-anak itu nikmat sekali. Masih banyak hal yang bisa dikembangkan dalam diri, tidak perlu menangani masalah hidup yang teramat berat. Karena orang terdekat akan datang untuk segera membantu apa yang dibutuhkan. Nikmat anak-anak dapat terasa ketika pola asuh yang diberikan oleh orang tua itu baik dan berada pada lingkungan yang baik pula. Mereka bisa bermain dengan waktu yang puas. Belajar di situasi yang nyaman dan mendapat perlindungan diri untuk tetap berkembang baik di masa pertumbuhannya. 


+ opini selengkapnya

 

Cegah Perkawinan Usia Anak

Sabtu, 10/11/2018 12:49 WIB | Oleh : Lisa Fauziah

Masih terdengar sampai saat ini anak-anak bercinta, usia masih anak- anak sudah menikah. Usianya masih anak-anak terjadi pelecehan seksual, hamil di luar nikah. Akhirnya banyak yang memutuskan untuk menikah dini, saat kondisi yang belum matang, hanya karena keinginan dan cinta yang terpaut dan tak bisa terpisahkan. Padahal masih dalam usia labil. Seperti nyanyi di atas, yang mengerti dengan problema pernikahan dini. Namun penyanyinya juga menyarankan sebaiknya pernikahan dini jangan terjadi. Banyak hal buruk dan merugikan nantinya yang akan muncul karena pernikahan dini tersebut.


+ opini selengkapnya

 

Demokrasi dan Tipuan Pemberdaya Perempuan

Kamis, 11/10/2018 12:23 WIB | Oleh : Sri Ariyati

Pesta demokrasi masih mewarnai banyak negeri, termasuk Indonesia. Ajang pilpres 2019 adalah salah satu yang dianggap paling sakral. Demokrasi disanjung, digadang-gadang, bahkan diharuskan setiap warga negara patuh di hadapannya. 


+ opini selengkapnya

 

Saat 'Koar-koar' Menjadi Jalan Pintas

Senin, 08/10/2018 17:29 WIB | Oleh : Silvina Fadhilah

Belakangan ini aksi unjuk rasa menjadi tontonan yang acap kali kita lihat di kampus UIN Imam Bonjol Padang. Suara-suara toa dari mulut para orator aksi akhir-akhir ini membuat pekak telinga. Selain memekak telinga, ricuh dan sorak-sorai mahasiswa yang katanya peduli perubahan itu juga membuat jantung berdecak lebih cepat dan bikin geleng-geleng kepala. Sudah gila apa?.


+ opini selengkapnya

 

Belum Tentu Indonesia Jaya 2019

Sabtu, 06/10/2018 19:00 WIB | Oleh : Agung Alkharrazi

Hari terus berjalan mendekati hari penentuan siapa yang akan tegak berdiri menguasai negeri yang kusam ini. Akankah warna merah masih menguasai negeri dengan sekuleritasnya atau sang Garuda yang membawa harapan akan "baiknya" negeri ini setelah berbagai kekacauan (chaos) yang dibuat oleh petahana.


+ opini selengkapnya