Opini


Sarkasme Di Dunia Pendidikan

Jumat, 05/06/2020 11:18 WIB | Oleh : Nabila Mayesa, Mahasiswa Jurusan Satra Minangkabau, FIB, Unanda

Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lain. Ia ingin mengetahui apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Rasa ingin tau ini memaksa manusia untuk berkomunikasi. Dalam melakukan komunikasi manusia memerlukan alat untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan keinginannya. Salah satu alat komunikasi manusia adalah bahasa. Semua orang menyadari bahwa interaksi dan segala macam kegiatan dalam bermasyarakat tidak bisa lepas dari bahasa. 


+ opini selengkapnya

 

22 Tahun Reformasi: Menuju Orde (Paling) Baru

Kamis, 21/05/2020 11:13 WIB | Oleh : Nandito Putra

Hari ini, tepat 22 tahun keruntuhan rezim otoriter Orde Baru yang ditandai dengan dimulainya babak reformasi. Transisi demokrasi  yang ditandai dengan runtuhnya rezim Orde Baru yang brekuasa selama 32 tahun, menandakan Indonesia memasuki sebuah fase politik baru, yaitu menurunnya otoritas negara atas masyarakat.


+ opini selengkapnya

 

Kuliah Online Tidak Menjadi Harapan

Senin, 04/05/2020 02:24 WIB | Oleh : Riko Putra, Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam UIN IB Padang.

Pandemi Covid-19 memberi dampak yang banyak terhadap semua lini kehidupan. Bukan hanya sebagai sudut pandang, tentu sebagai yang menuliskan dan membaca akan sepakat dengan argumen tersebut. Semua orang merasakan dampak dari virus yang menghebohkan ini. Salah satunya yaitu masalah Ekonomi. 


+ opini selengkapnya

 

Covid-19 dan Peningkatan Angka Pengangguran

Sabtu, 11/04/2020 23:25 WIB | Oleh : Dyla Fajhriani. N (Dosen FDIK UIN IB Padang)

Wabah Covid-19 sudah menyebar ke berbagai negara, salah satunya di Indonesia dan sudah banyak memakan korban jiwa.  Didukung data yang diambil dari tirto.id tertanggal 8 April 2020 bahwa kasus COVID 19 di Indonesia terus meningkat mendekati angka 3000 kasus positif.  Pemerintah di setiap negara yang terkena wabah COVID 19  mengambil kebijakan dengan membatasi masyarakat dengan  melakukan isolasi dan membatasi ruang gerak masyarakat seperti: social distancing, phisycal distancing, memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga lockdown.


+ opini selengkapnya

 

Pentingya Mendekatkan Anak-Anak pada Dunia Buku

Kamis, 02/04/2020 14:03 WIB | Oleh : Sarah Muthia Fatmi Mahasiswa Sastra Minangkabau, FIB, Universitas Andalas

Menyambut momentum Hari Buku Anak Sedunia atau International Children’s Book Day (ICBD) yang bertepatan pada 2 April 2020 ini, di mana hari tersebut termasuk ke dalam hari penting di seluruh belahan dunia, maka sudah seharusnya kita membahas tentang pentingnya mendekatkan anak pada dunia buku itu.

 

Peringatan Hari Buku Anak Sedunia ini bertepatan dengan tanggal lahirnya seorang penulis yang sangat terkenal, yaitu pada 2 April 1805, bernama Hans Christian Andersen yang berasal dari Denmark, ia telah melahirkan karya-karya yang luar biasa sehingga sosoknya dikenal ke penjuru dunia.


+ opini selengkapnya

 





Suarakampus