Profil › Fakultas


Fakultas Ilmu Budaya- Adab



FAKULTAS ILMU BUDAYA – ADAB IAIN IMAM BONJOL PADANG

 

Menjadikan fakultas yang memiliki otoritas di bidang Ilmu Budaya dalam perspektif Islam dan terdepan dalam pengembangan budaya Islam di Masyarakat merupakan visi Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN Imam Bonjol Padang.

 

Rumusan ini diharapkan akan menjadi spesifikasi Fakultas Ilmu Budaya-Adab yang akan membedakannya dengan lulusan Fakultas Ilmu Budaya lainnya. Penguasaan bidang budaya dengan disiplin-disiplin keilmuan yang dibawahinya dengan menggunakan perspektif Islam, tentu memerlukan penyesuaian berbagai aspek akademik yang tidak mudah, terutama menyangkut rumusan tentang bagaimana model integrasi keilmuan yang harus diakomodasi dalam kurikulum sebagaimana tuntutan visi fakultas yang telah dirancangkan itu.

 

Dekan Fakultas Ilmu Budaya – Adab, Drs. Irhash A. Shamad, M. Hum mengemukakan bahwa Fakultas Ilmu Budaya-Adab sebagai fakultas dengan visi keilmuan budaya perspektif Islam melahirkan lulusan yang diharapkan berperan dalam masyarakat terutama dalam rangka mengantisipasi perubahan-perubahan budaya global yang telah merambah ke dalam aspek kehidupan masyarakat. Perubahan-perubahan mana, disadari atau tidak, ternyata telah banyak mempengaruhi tatanan ideasional masyarakat serta nilai-nilai keagamaan yang dianut.

 

Sejalan dengan itu fakultas Ilmu Budaya-Adab memiliki misi meliputi, melakukan pengkajian dalam bidang keilmuan budaya dengan integritasi keilmuan islam, meningkatkan kemampuan akademik dan professionalitas dibidang keilmuan budaya dan keislaman, meningkatkan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik mahasiswa untuk menghasilkan out put yang memiliki life-skill, meningkatkan sarana dan prasarana serta tenaga penunjang akademik, menjalin kerjasama serta ikut memberikan kontribusi keilmuan  terhadap lembaga, instansi atau masyarakat dan berupaya senantiasa terdepan dalam pengembangan budaya dan seni Islam  serta peningkatan kualitas hidup di tengah-tengah masyarakat.

 

Dari segi sarana dan prasarana fakultas Ilmu Budaya-Adab ini memiliki labor bahasa, labor sejarah, studio sastra. Selain itu fakultas memiliki lembaga-lembaga penunjang akademis seperti Lembaga Pengkajian Pengembangan Budaya Islam yang diisi dengan kegiatan diskusi setiap minggu oleh dosen dan Sanggar Kaligrafi Islam Al-Aklam sejak tahun 1989.

 

Sementara itu upaya peningkatan penguasaan keilmuan dan peningkatan metodologi pembelajaran serta penyempurnaan kurikulum dan pengembangan sistem instruksional lainnya pada setiap jurusan akan menjadi lebih efektif bila diwadahi seperti jurnal "Diwan" (Jurusan Bahasa dan Sastra Arab), jurnal "Khazanah (Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam), jurnal "Kalamistic" (Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris), jurnal "Akhbar al-Maktabah" (Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan), jurnal "Shaut al-Maktabah (Program Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi), jurnal "Tsaqafy" (Lembaga Kemahasiswaa FIB-A) dan Sanggar tari Artefaco.

 

Fakultas Ilmu Budaya-Adab memiliki kualifikasi lulusan seperti mempunyai komitmen iman, keshalehan dan moralitas Islami, memiliki integritas keilmuan budaya dengan perspektif Islam, memiliki kepekaan akademik dalam aspek kebudayaan dan keislaman, mampu menemukan solusi terhadap masalah kebudayaan dan kemasyarakatan, memiliki sikap dan etika intelektual yang tinggi serta berkarakter achievement oriented, mampu melakukan transformasi keilmuan dalam bentuk lisan dan tulisan, dan memiliki kepribadian utuh, kritis, kreatif, inovatis serta mampu menempatkan diri dalam masyarakat.

 

Lulusan FIB-A telah banyak dipakai di instansi-instansi seperti, bidang penamas Departemen Agama, Binsospora Pemda, Dinas Periwisata Seni dan Budaya, Museum Sejarah dan Nilai Tradisional, Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional, Departemen Luar Negeri, Perpustakaan dan Pusat Informasi, Guru SLTP/SLTA (S1 plus Akta), Pamong Budaya dan lain-lain.

 

Selain itu, lulusan juga memiliki bidang kerja professional yaitu sebagai Tenaga Penerjemah/ Interpreter, Penulis/ Kolumnis bidang Budaya, Tenaga Peneliti bidang Budaya, Sastrawan/ Kritikus Sastra, Sejarahwan/ Penulis Sejarah, Seniman Kaligrafi/ Disainer , Dramawan/ Penulis Scenario dan Desainer Ekshibisi Seni Budaya sesuai disiplin ilmu masing-masing.

 

Jurusan – Jurusan di Fakultas Ilmu Budaya – Adab

PROGRAM SARJANA (S1)

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA)

 

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dengan visinya memiliki otoritas keilmuan bahasa dan sastra Islam, spesifik bahasa dan sastra Arab. Berupaya menyampaikan visi lewat beberapa misi yaitu, a) melakukan pengkajian bahasa dan sastra Arab; b) meningkatkan keilmuan dan professionalitas dosen bahasa dan sastra Arab; c) meningkatkan keilmuan dan kemampuan mahasiswa dalam bidang bahasa dan sastra Arab; d) mengefektifkan Studio Sastra serta lembaga kemahasiswaan yang bernaung di bawah jurusan untuk kegiatan yang menunjang keilmuan dan keahlian bahasa dan sastra Arab; e) membuat kerjasama serta ikut memberikan kontribusi terhadap lembaga dan instansi-instansi yang relevan dengan bidang keilmuan dan keahlian bahasa dan sastra Arab; f) berupaya untuk senantiasa terdepan dalam pengkajian bahasa dan sastra Arab serta pengembangannya di tengah-tengah masyarakat. Dengan menjalankan misi tersebut diharapkan mencapai tujuan melahirkan sarjana muslim yang berkeahlian dalam bidang bahasa dan sastra Islam, spesifik bahasa dan sastra Arab.

 

Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI)

 

Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam memiliki visi menjadi lembaga ilmiah yang mempunyai ototitas dan kualitas dalam menghasilkan sarjana sejarah kebudayaan Islam. Misinya adalah sebagai berikut: a) menjadikan jurusan SKI sebagai pusat pengkajian sejarah dan kebudayaan Islam; b) meningkatkan keterampilan dan professionalitas dosen sejarah dan kebudayaan Islam; c) meningkatkan kemampuan keilmuan mahasiswa dalam bidang keilmuan dan keahlian sejarah dan kebudayaan Islam; d) meningkatkan sarana dan prasarana serta tenaga penunjang akademik lainnya;  e) mengupayakan kerjasama serta ikut memberikan kontribusi terhadap lembaga, instansi serta masyarakat, terutama yang relevan dengan bidang keilmuan dan keahlian SKI; f) berupaya untuk senantiasa terdepan dalam pelestarian serta pengembangan kebudayaan dan kesenian Islam di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Tujuannya adalah menghasilkan sarjana muslim yang berkeahlian dalam bidang sejarah dan budaya, khususnya sejarah kebudayaan Islam.

 

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (BSI)

 

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dengan visi yaitu memiliki otoritas keilmuan dalam bidang bahasa dan sastra Islam, spesifik bahasa dan sastra Inggris. Pencapaian visi dengan melewati misi yaitu a) mengembangkan ilmu di bidang kebahasaan dan kesusasteraan Islam, khususnya bahasa dan sastra Inggris; b) meningkatkan kualitas keilmuan dosen dan mahasiswa dalam bidang bahasa dan sastra Inggris; c) Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang akademik; d) melakukan kerjasama keilmuan dan kemitraan dengan instansi dan lembaga yang relevan; e) memenuhi kebutuhan tenaga ahli/professi pada instansi dan lembaga-lembaga keagamaan, kebudayaan/kepariwisataan, dan pendidikan. Dengan menjalankan misi tersebut maka akan tercapai tujuan yaitu melahirkan sarjana muslim yang berkeahlian dalam bidang bahasa dan sastra Islam, khususnya bahasa dan sastra Inggris.

 

Jurusan Ilmu  Informasi dan Perpustakaan (IIP)

 

Jurusan Ilmu  Informasi dan Perpustakaan dengan visinya memiliki otoritas keilmuan dalam bidang informasi, terutama bidang dokumentasi, kearsipan, dan perpustakaan. Untuk itu, dilakukan misi sebagai berikut: a) mengembangkan keilmuan informasi perspektif Islam terutama pada bidang dokumentasi, kearsipan, dan perpustakaan; b) meningkatkan kualitas keilmuan dan professional dosen dan mahasiswa dalam bidang ilmu informasi; c) meningkatkan sarana dan prasarana pemnunjang akademik; d) menjalin kerjasana dengan lembaga dan instansi yang relevan keilmuan jurusan; e) memenuhi kebutuhan tenaga ahli dan professi pada instansi dan lembaga-lembaga keagamaan, keilmuan, kepustakaan, kearsipan, kebudayaan, dan pendidikan. Maka akan tercapai tujuannya yaitu, menghasilkan sarjana muslim yang berkeahlian dalam bidang ilmu informasi, khususnya bidang dokumentasi, kearsipan, dan perpustakaan.

 

PROGRAM DIPLOMA (D2/D3)

 

Program Diploma III Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (PAD)

 

Program D.3 Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi memiliki visi menjadi lembaga terdepan dalam mengkader tenaga pustakawan, arsiparis, dan dokumentalis yang berwawasan Islami. Misinya yaitu, a) mengembangkan keilmuan dan keterampilan professi bidang perpustakaan, kearsipan, dan dokumentasi; b) meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa dalam bidang sistem pelayanan informasi; c) meningkatkan sarana dan prasarana akademik; d) menjalin kerjasama keilmuan dan kemitraan professi bidang perpustakaan, arsip dan dokumentasi dengan instansi/lembaga yang relevan dengan bidang keilmuan PAD; e) menyiapkan tenaga siap pakai untuk dunia kerja yang relevan. Sesuai dengan misinya maka diharapakan mencapai tujuan yaitu menghasilkan professional muslim yang terampil di bidang perpustakaan, kearsipan, dan dokumentasi.

 

Program Diploma II Seni Islam dan Kaligrafi (SIK)

 

Program D.2 Seni Islam dan Kaligrafi memiliki visi menjadi lembaga terdepan dalam mengkader seniman muslim dengan spesifikasi kaligrafi Islam. Pencapaian visi tersebut dapat terwujud dengan menjalankan misi sebagai berikut: a) mengembangkan keilmuan dan keterampilan professi bidang seni Islam, khususnya kaligrafi Islam; b) meningkatkan kemampuan kognitif, affektif, dan psikomotorik mahasiswa dalam bidang seni Islam dan kaligrafi; c) Meningkatkan sarana dan prasarana akademik; d) meluaskan kerjasama keilmuan dan kemitraan professi dengan pihak yang relevan; e) menyiapkan tenaga professional yang siap pakai utnuk dunia kerja. Dengan menjalankan misi tersebut, maka tercapailah tujuan yaitu menghasilkan professional muslim yang terampil dalam bidang seni Islam, khususnya kaligrafi Islam

 

Dekan                                    : Irhash A. Shamad, Drs., M.Hum

Pembantu Dekan I                  : Yufni Faisol, DR., M.Ag., H

Pembantu Dekan II                 : Firdaus, Drs., M.Ag

Pembantu Dekan III               : Firdaus, DR., M.Ag