Profil › Fakultas


Fakultas Syari'ah



FAKULTAS SYARI’AH

 

            Fakultas Syari’ah bertujuan membentuk sarjana Muslim yang menguasai ilmu dibidang Hukum Islam dan Ilmu Kesyari’ahan Kontemporer, dengan Jurusan/ Program Studi (Prodi) sebagai berikut:

1.      Al-Ahwal asy-Syakhshiyah (Hukum Keluarga, S1) bertujuan menghasilkan Sarjana Syari’ah yang ahli Hukum Islam dan mampu menjadi praktisi hukum. Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumnus Jurusan Hukum Keluarga ini dipersiapkan untuk menjadi praktisi dibidang hukum seperti hakim, panitera, pengacara (advokat), konsultan hukum, ahli hisab dan administrator di institusi-institusi hukum Islam (seperti KUA/Penghulu), cendikiawan dan akademisi dalam Hukum Keluarga Islam.

2.      Perbandingan Mazhab dan Hukum (S1) bertujuan menghasilkan sarjaa Syari’ah yang ahli dibidang Perbandingan Mazhab. Bukan hanya dalam Hukum Islam, tetapi juga dalam hokum umum (positif). Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumni jurusan ini dipersiapkan terutama untuk menjadi Ulama, Mufti (pemberi fatwa), konsultan hukum dan cendikiawan serta akademisi. Disamping itu juga dipersiapkan menjadi praktisi dibidang hukum seperti hakim, panitera, pengacara (advokat), administrator di institusi-institusi hukum Islam(seperti MUI dan KUA/ penghulu).

3.      Jinayah dan Siyasah (Pidana dan Politik Islam, S1) bertujuan menghasilkan Sarjana Syari’ah yang memiliki kompetensi akademik dan atau profesional dibidang Pidana dan Politik Islam (Siyasah). Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumni jurusan ini dipersiakan terutama untuk cendikiawan dan akademisi dibidang pidana dan politik Islam, birokrat diberbagai instansi pemerintah, politisi, anggota Legislatif dan Diplomat. Selain itu juga dipersiapkan sabagai praktisi dibidang hokum seperti Hakim, Panitera, Pengacara (Advokat), Konsultan Hukum dan Administrator di institusi-institusi Hukum Islam (KUA/ Penghulu).

4.      Muamalah (Bisnis Islam, S1) bertujuan menghasilkan Sarjana Syari’ahyang ahli dalam Hukum Bisnis Islam. Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumni jurusan ini dipersiapkan terutama untuk menjadi ahli hukum bisnis Islam, tenaga ahli dibidang hukum bisnis Islam di lembaga keuangan Syari’ah (Bank/ non Bank), konsultan hukum dibidang bisnis Islam sert cendikiawan dan akademisi dibidang hukum Islam. Selain itu, juga dipersiapka sebagai praktisi dibidang hukum seperti Hakim, Panitera, Pengacara (Advokat) dan administrator di institusi-institusi Hukum Islam (KUA/ Penghulu).

5.      Ekonomi Islam (S1), bertujuan menghasilkan Sarjana Syariah yang mampu mengelola Lembaga Keuangan (Bank/ non Bank) sesuai dengan prinsip-prinsip Syari’ah. Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Ekonomi Islam (SEI). Alumni jurusan ini dipersiapkan terutama untuk menjadi Profesional dan Eksekutif di lembaga bisnis yang dikelola secara islami (Bank, Asuransi, pegadaian dan BMT), Cendikiawan dan Akademisi dalam Bidang Ekonomi Islam, Konsultan dibidang Ekonomi Syari’ah.

6.      Manageman dan Perbankan Syari’ah (MPS, Program Diploma III) bertujuan mencetak tenaga-tenaga terampil dan profesional dalam mengelola Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank dengan sistem Syari’ah, dengan gelar Ahli Madya (A.Md).