Resensi Buku


Menjadi Guru Inspiratif


Pengarang : A. Fuadi,dkk
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Tebal : 186
Editor : Andika. A.S
Resensiator : : Mimi Permani Suci


Inspirasi Untuk Guru

 

Guru yang baik itu bagai petani. Mereka menyiapkan bahan dan lahan belajar di kelas, memelihara bibit penerus bangsa, menyirami mereka dengan ilmu, dan memupuk jiwa mereka dengan karakter yang luhur. Bila tiba masa kelulusan, guru akan tersenyum bahagia ketika anak didiknya meninggalkan sekolah, tumbuh besar, dan memberi manfaat buat orang lain. Guru yang ikhlas adalah petani yang mencetak peradaban. Inilah sepenggalan kalimat yang menggambarkan sosok guru yang baik di mata A. Fuadi seorang penulis Bestseller Negeri 5 Menara, dan sekarang mengumpulkan berbagai kisah nyata lika-liku perjuangan seorang guru yang berjuang membawa perubahan, kumpulan kisah ini tertuang lugas dan bagus dalam buku “ Menjadi Guru Inspiratif”.

 

Mulai dari kisah seorang guru yang berhasil merubah hal asing menjadi suatu kebutuhan, perjalanan seorang guru biasa menjadi guru tak biasa, ada lagi guru yang memilih membuat kurikulum belajar pribadi yakni kurikulum cinta agar belajar menjadi menyenangkan, dan dalam buku ini juga tertuang bagaimana usaha menjadi sosok yang maksimal saat minimal. Kisah- kisah dalam buku ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan tidak terbatas pada  a, b, c, d...yang diajarkan di dalam kelas saja. Tetapi bukti dari perjuangan seorang guru yang berhasil membawa perubahan.

 

Beda kisah, beda pula tantangannya. Ada tiga kata kunci yang menjadi pegangan para guru hebat ini sehingga mereka bisa menjadi petani perubahan, yakni ikhlas, sabar dan penuh cinta dalam melekatkan pupuk di benak para anak didiknya, sehingga tanaman ilmu pengetahuan yang diberikan terus berkembang.

 

Nah, bagi para guru dan yang akan menjadi guru sebaiknya segera baca buku ini. Karena buku ini benar-benar memberikan insprirasi bagi para pembaca bagaimana menjadi guru yang inspriratif.





• Resensi Buku Terkait