Resensi Buku


Jalur Cepat! Jago Bahasa Inggris Lewat Lagu


Pengarang : De Cherlent’s
Penerbit : RuangKata Imprint Kawan Pustaka
Tebal : 182
Editor : Redaksi
Resensiator : Sri Handini


PD Berbahasa Inggris Lewat Lagu


Kebanyakan orang menyukai musik baik tua maupun muda, bahkan ada yang selalu memakai hendsfree kemana-mana mulai bangun tidur, di jalan, ketika kerja, santai, bahkan pada saat mandi. Ketika belajarpun siswa atau mahasiswa ada yang memakai hendsfree, baik di sekolah atau pun di rumah. Selain untuk menelepon biasanya untuk mendengarkan musik. Musik bisa didengarkan dimana saja baik menggunakan hendsfree ataupun tidak.

 

Dengan alasan itulah muncul ide De Cherlent’s untuk memanfaatkan kesempatan ini, yaitu kesukaan orang-orang terhadap musik sebagai media agar mempercepat dalam belajar bahasa Inggris. Ia mengkombinasikan antara musik dan bahasa untuk berbagi informasi dengan pembacanya.

 

Dalam buku ketiganya ini setelah buku Easy Grammar: Cara Mudah dan Asyik Menguasai English Grammar (2011), lalu Komik Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari (2012), ia menyuguhkan penjelasan singkat tentang tata bahasa Inggris lewat lirik lagu-lagu terpopuler.

 

Di setiap unit buku ini ia memberikan penjelasan yang tidaklah berbelit-belit, kaku ataupun membosankan, bahkan pembaca akan merasa senang membaca sebab ia memberikan pelajaran seolah bercerita dan bertatap muka langsung dengan pembacanya. Bagi orang yang kurang suka membaca akan tertarik membaca dan melanjutkan bacaannya karena cara penulis menyampaikan informasinya itu bersahabat dan membuat pembaca ingin mengetahui kelanjutannya tentunya dengan lagu-lagu terpopuler yang dihidangkannya.

 

Buku ini sangat cocok untuk pelajar, karena mereka dalam masa remaja yang memang usia merekalah yang lebih menyukai musik dibandingkan orang tua ataupun dewasa apalagi lagu-lagu yang disuguhkan adalah lagu-lagu pop terpopuler internasional. Sedang kebanyakkan orang tua-tua lebih menyukai lagu-lagu klasik. Namun sebenarnya itu tidak mempengaruhi selagi memang pembaca menyukai semua jenis lagu juga genrenya. Selain itu bahasa yang penulis gunakan juga merupakan bahasa anak muda, kecuali orang tua itu gaul.

 

Melalui buku yang berisi kumpulan lirik lagu paling popular dan nge-hits ini pembaca akan belajar English grammar, tenses, ungkapan (idiom), kosa kata, daftar irregular verb yang dikemas secara sistematis, praktis, dan komunikatif. Tidak hanya itu, setiap lirik lagu dilengkapi artinya dalam bahasa Indonesia, sehinggga dapat lebih menangkap maksud kalimat demi kalimat dan mempercepat proses belajar.

 

Buku ini penting dibaca, karena akan membuat pembaca lebih percaya diri dalam berkomunikasi melalui unsur-unsur bahasa yang terdapat dalam lirik lagu. Karena buku ini menuntun pembaca untuk menguasai tiga aspek penting penguasaan bahasa Inggris , yaitu speaking, listening ataupun writing.

 

Salah satu cara yang paling efektif dalam mempelajari bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan musik. Lirik lagu pop lebih mudah dimengerti karena sebagian besar menggunakan bahasa Inggris standar. Keuntungan lainnya adalah dapat melatih pengucapan (pronunciation), yang merupakan bagian tersulit dalam pelajaran bahasa Inggris.

 

Setiap buku memang memiliki kelebihan dan kekurangan, selain kelebihan-kelebihan di atas, setelah pembaca mengerti dan memahami buku ini ia dapat mengqiyaskan pelajaran yang telah ia pelajari melalui buku ini kepada semua jenis lagu, walaupun yang disuguhkan penulis dalam buku ini adalah jenis lagu pop, tentunya dengan caranya sendiri.

 

Kelemahan dalam buku ini adalah terdapatnya beberapa contoh dalam buku yang sulit dipahami karena contoh berasal dari lirik lagu yang bernuasa sastra sehingga cukup membutuhkan energi dalam memahaminya, namun itu tergantung kecepatan pembaca mengqiyaskan kepada contoh lain setelah penjelasan yang diberikan. Temukan jawaban yang anda inginkan cara cepat belajar bahasa Inggris yang disampaikan pengarang dalam buku ini.





• Resensi Buku Terkait