Resensi Buku


The GONG Traveling


Pengarang : Gol A Gon
Penerbit : Salamadani
Tebal : 262
Editor : Nela Gusti Hasanah
Resensiator : Febta Salita Sari


Sepeda Lintas Asia

Buku ini berisikan pengalaman  perjalanan lintas Asia ala sang travel-writer legendaries, Gol A Gong. Perjalanan yang dilakukan adalah perjalanan yang luar biasa dengan banyak mengambil hikmah di tempat-tempat yang dikunjunginya.

 

Gol A Gong yang mulai bercerita tentang perjalanannya di Malaysia, Thailand, Laos, Bangladesh, India dan Nepal, Pakistan hingga India. Gol A Gong benar-benar membaca pembaca pada pengalamannya sehingga pembaca merasa benar-benar hadir dalam setiap peristiwa yang dilaluinya.

 

Perjalananannya dimulai dari Malaysia. Bagaimana budaya Malaysia yang masih teguh pada baju kurung busana muslim ala malaysia. Dilanjutkan perjalanan menuju Thailand, bagaimana  menyaksikan masjid tanpa atap, bagaiman rakyat Thailand betul-betul menghormati rajanya hingga saat nonton di bioskop pun mereka akan berdiri memberi hormat jika ditampilkan gambar rajanya.

 

Laos yang menghasilkan ladang poppy (opilium), sehingga penulis menggambarkan kondisinya seperti mengubah generasi muda ke lembah suram. Menemui wanita berleher panjang yang merupakan tradisi yang masih dipertahankan di sana. Berlanjut ke Banglades dan hal yang paling mencengangkan yaitu ketika berada di Dhaka yang penuh sesak. Kota yang pengap dan bau. Orang-orang buang sampah sembarangan, di tembok, pagar, selokan.  Juga ditemui negeri sarung dimana memang semuanya memakai sarung. Lalu bagaimana keindahan Himalaya, Nepal dan juga tradisi mengapung di Sungai Gangga.

 

Hal yang paling menarik adalah bahwa perjalanan ini dilakukan  dengan sepeda. Gol A Gong mampu mengayuh sepeda dengan hanya menggunakan tangan kananya saja karena tangan kirinya yang cacat. Hingga akhinya ia menjual sepedanya ketika sudah sampai di Bangkok.

 

Hal yang membuat kisah ini semakin menarik yaitu bagaimana pengarang mampu membuat bahasanya menjadi sangat ringan dan mengalir.  Pembaca benar-benar bisa merasakan dan turut hadir dalam cerita itu. dilengkapi dengan foto-foto yang menawan sehingga pembaca benara-benar dimanjakan olehnya.

 

Buku ini sangat baik dibaca oleh semua kita dari kalangan apapun, untuk mengetahui kondisi  bumi asia.

 

(Resensi Febta Salati Sari, Mahasiswi  IAIN Imam Bonjol Padang, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Bimbingan Konseling Islam, Semester VII. Sekarang aktif sebagai Anggota Sanggar Menulis Rumahkayu)

 





• Resensi Buku Terkait