Resensi Buku


KHASIAT Berbagai TANAMAN Untuk PENGOBATAN


Pengarang : YOHANA ARISANDI Dan YOVITA ANDRIYANI
Penerbit : ESKA MEDIA, Jakarta
Tebal : 497
Editor : -
Resensiator : Mimi Permani Suci


HIDUP SEHAT TAK MESTI MAHAL

Hidup sehat adalah impian setiap orang. Siapa yang ingin semasa hidupnya dihabiskan dengan menanggung rasa sakit, tentunya semua kita ingin hidup sehat. Namun, penyakit singgah  pada kita tanpa membedakan-bedakan ras, bentuk tubuh, usia, kaya ataupun miskin. Hanya saja di Indonesia sangat dikhawatirkan jika orang miskin yang sakit, karena kalimat yang sering kita dengar adalah “orang miskin dilarang sakit”.

Seharusnya, sebagai salah satu Negara tropis yang memiliki beragam aneka tumbuhan, (yakni Indonesia memiliki lebih dari 30.000 spesies tanaman dan 940 spesies yang diketahui berkhasiat sebagai obat atau digunakan sebagai bahan obat, Puslitbangtri 1992).  Masyarakat Indonesia tidak mesti pusing memikirkan mahalnya biaya pengobatan di masa modern ini. Lalu bagaimana akan sembuh dari sakit jika tak punya uang untuk berobat ?

Yohana Arisandi dan Yovita Andriani dalam bukunya “Khasiat Berbagai Tanaman Untuk Pengobatan “ memberikan solusi kepada kita bagaimana cara mengobati penyakit tanpa harus mengeluarkan banyak uang.  Namun, memanfaatkan tanaman yang ada disekitar kita.

Dalam buku ini disajikan informasi 158 tanaman obat berikut manfaat dan cara penggunaannya. Penyakit yang bisa disembuhkan juga tidak sekedar batuk, demam saja, tetapi sakit kencing nanah,  kencing batu, sukar bersalin dan sakit parah lainnya pun bisa juga diobati dengan tumbuh-tumbuhan. Diantaranya kelapa yang berkhasiat untuk mengobati keracunan, sakit panas, kencing batu, ubanan, ketombe. Sirih berkhasiat untuk keputihan, sifilis, sakit jantung, diare dll. jambu biji berkhasiat untuk prolapsinasi, sariawan, maag, beser, diare, masuk angin. Kembang Sungsang berkhasiat untuk sakit kencing nanah, sukar bersalin dll.

Selain biaya bersahabat dan obatnyapun mudah didapatkan, obat alami juga memiliki efek samping yang lebih kecil dibandingkan dengan obat modern. 

Nah, Pembudidayaan tanaman obat sangat menunjang masyarakat untuk hidup lebih sehat.





• Resensi Buku Terkait