Juara Karya Tulis Nasional, Mahasiswa FUSA Usulkan Wisuda Tanpa Menulis Skripsi

Sumber: freepik

Suarakampus.com- Berkat kesuksesannya meraih Juara II Lomba Kompetisi Publish Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia pada 03-06 November 2021 lalu , Try Bunga Firma tengah mengajukan untuk wisuda tanpa skripsi. Katanya, UIN Imam Bonjol Padang sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah mahasiswa di tengah pandemi, salah satunya tugas akhir perkulihan.

Hal tersebut merujuk pada Surat Edaran B.759/Un.13/R/B.IV/PP.00.9/04/2020 tentang Kegiatan Akademik dalam Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan UIN IB. Pada poin kelima tugas akhir atau skripsi dapat diganti dalam bentuk lain, seperti penulisan artikel yang dipublikasikan pada jurnal terindeks pada moraref atau penulisan buku ber-ISBN di bawah supervisi dosen pembimbing yang ditetapkan oleh pimpinan fakultas.

Ia mengatakan respon fakultas sangat baik dan akan membantu dirinya dalam memenuhi tugas akhir perkuliahan. Kata dia pihak fakultas bakal membantu dalam mempublish jurnal tersebut sesuai Sinta jurnal. “Dekan sekarang sedang membantu untuk publish jurnal sesuai Sinta, agar ini nantinya bisa membantu saya untuk menyelesaikan tugas akhir,” katanya. Rabu (10/11).

Lanjutnya, pihak Prodi juga akan membantu secara materi dan dukungan untuk membahas hal tersebut agar disetujui wisuda oleh kampus tanpa menggunakan skripsi.

Ia berharap Mahasiswa UIN IB tidak berhenti berkarya dan berkontribusi untuk Prodi. “Ilmu yang didapatkan agar bisa dibagikan kepada orang lain,” harap Mahasiswa Prodi Studi Agama-Agama itu.

Menanggapi hal ini, Darmaiza selaku Ketua Prodi Studi Agama-Agama menjelaskan, dijadikannya artikel sebagai pengganti skripsi dalam memenuhi tugas akhir belum bisa dilakukan. Sebab kata dia, setelah menghubungi Wakil Rektor I terkait hal tersebut belum ada aturan dari kampus. “Saya berharap hal ini bisa berlaku,” inginnya.

Saat dikonfirmasi kepada Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Yasrul Huda menuturkan penulisan skripsi ambil bagian dalam Satuan Kredit Semester (SKS).

Lanjutnya, skripsi menjadi ketentuan akademik untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan. “Kita masih menggunakan ketentuan akademik dan tetap berlaku selama kurikulum belum diubah,” ungkapnya. (ulf)

Wartawan: Indah Yulfia (Mg) dan Eginda Saskia (Mg).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Menjadi Kesempatan Berbenah

Next Post

UKO UIN Imam Bonjol Padang Buka Pendaftaran Gelombang Kedua

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat