Tips Menghemat Uang Bulanan Bagi Mahasiswa Rantau

Seorang mahasiswa mempunyai banyak tanggung jawab, karena harus bisa memikirkan bagaimana kehidupannya ke depan. Bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tuanya atau merantau dituntut bisa memanajemen keuangannya sendiri. Sebab orang tua pasti akan mengirimkan uang kepada anaknya sekali seminggu bahkan sekali sebulan. Jadi, mahasiswa harus bisa memanfaatkan uang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa tips yang dilakukan untuk menghemat uang bagi mahasiswa perantauan:

  1. Membuat Anggaran Belanja Bulanan
    Membuat anggaran belanja bulanan bagi mahasiswa itu sangat diharuskan, karena seorang mahasiswa harus bisa memperkirakan berapa uang masuk dan keluar. Hal tersebut berguna memudahkan kita mengatur keuangan sesuai kebutuhan.
  2. Kurangi Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan
    Mahasiswa yang berada jauh dari orang tua harus bisa hemat dalam belanja, jangan mudah tergiur oleh sesuatu yang membuat pengeluaran jadi banyak.
    Jika suatu barang masih dapat dipinjam, lebih baik kita pinjam saja dan uangnya bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih penting.
  3. Cari Diskon
    Sebagai mahasiswa kita harus bisa mencari informasi terkait diskon yang ada, tapi jangan sampai kelewatan belanjanya. Harus tetap sesuai dengan uang yang sudah kita anggarkan. Diskon akan membantu kita menghemat pengeluaran dan bisa mendapatkan barang yang lain.
  4. Lebih Baik Usahakan Meminjam
    Sebagai anak rantau, kita harus belajar bersosialisasi yang baik dengan orang lain. Dengan komunikasi yang baik kamu bisa meminjam buku kepada teman, senior atau di perpustakaan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk e-book dari buku yang diperlukan. Jadinya kita bisa menyisihkan uang untuk tabungan keperluan yang akan datang.
  5. Jaga Kesehatan
    Tinggal jauh dari orang tua, mungkin sakit adalah satu hal yang kita khawatirkan. Selain tidak ada yang bisa merawat dan mengurus saat sedang sakit, tugas-tugas kuliah pun menjadi terbengkalai.
    Belum lagi jika harus berobat ke dokter yang biaya pengobatannya tentu tidak sedikit, ini akan membuat pengeluaran kita semakin banyak.
  6. Cermat Memilih Transportasi
    Memilih transportasi adalah salah satu cara menghemat pengeluaran bagi mahasiswa. Terkadang mahasiswa ingin terlihat keren di depan teman-temannya dan berangkat ke kampus naik mobil, padahal dari kos ke kampus bisa naik sepeda atau ojek bahkan jalan kaki. Pandai-pandailah memilih transportasi agar kita bisa lebih menghemat uang.
  7. Menabung
    Setiap orang harus belajar menabung sejak dini dengan cara menyisihkan sedikit uang jajan kita. Kita bisa belajar hemat dengan cara menabung dan mengelola pengeluaran kita.
    Jika suatu saat nanti kita memerlukan uang yang mendesak, kita dapat menggunakan tabungan untuk hal tersebut.

Penulis: Faisal

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Post

Upaya Kriminalisasi, Keluarga Korban Kejahatan Seksual Bantah Melakukan Penipuan

Next Post

5 Air Terjun di Kabupaten Lima Puluh Kota yang Memacu Adrenalin

Related Posts
Total
0
Share