Asrama Mahasiswa Bakal ditempati Penerima KIP Kuliah

Potret gedung Ma’had al-Jamiah UIN IB (Sumber: Ulmi/suarakampus.com)

Suarakampus.com– Setelah diresmikan, Asrama Mahasiswa Ma’had al-Jamiah Tuanku Imam Bonjol bakal ditempati mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada semester ganjil mendatang. Hal ini disampaikan oleh WR II UIN IB Padang, pada Kamis (22/02).

Testru Hendra selaku Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan, mengatakan setelah peresmian Ma’had al-Jamiah pada sabtu 24 Februari mendatang, asrama akan difungsikan disemester baru tahun ajaran 2024/2025.” digunakan pada awal semester baru nanti “ujarnya.

Ia mengatakan, Ma’had al-Jamiah atau Asrama Mahasiswa ini diperuntukan bagi Mahasiswa Baru (MABA) penerima beasiswa KIP Kuliah. “Diprioritaskan bagi penerima beasiswa KIP,” ungkapnya.

Kemudian ia menjelaskan, mahasiswa hanya dapat berproses selama satu tahun saja di Ma’had al-Jamiah, agar bisa memberi kesempatan bagi mahasiswa baru di tahun selanjutnya. “Demikian setiap tahun,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa bangunan Ma’had al-Jamiah dapat menampung 336 mahasiswa yang terdiri dari 84 kamar, dengan jumlah 4 orang disetiap kamar. “Jadi totalnya 336 orang, “sampainya.

Kendati demikian Testru menjelaskan Ma’had al-Jamiah tidak memungut biaya apapun, biaya sudah termasuk dalam jumlah beasiswa yang diterima. “Beasiswa KIP sudah termasuk asrama serta uang kuliah, “sebutnya.

Selanjutnya ia menyampaikan, bakal ada program Asrama Mahasiswa yang akan dijalankan didalamnya untuk penguatan pada beberapa bidang. “Ada penguatan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta penguatan ibadah,” jelasnya.

Ia menuturkan, menurutnya seluruh mahasiswa baru harus diperhatikan agar berpotensi dalam menguatkan setiap bidangnya. “Mahasiswa baru akan dikondisikan pada suatu tempat agar adanya pembiasaan dalam bahasa serta ibadah,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, akan kembali dibangun asrama bagi mahasiswa UIN pada kawasan dengan luas 3 hektar untuk dapat menampung seluruh Mahasiswa baru di setiap tahunnya. “Akan dibangun secara bertahap, dengan target 35 bangunan untuk dapat menampung hingga 5000 mahasiswa,” tutupnya. (sri)

Wartawan : Ulmi Rahmadani (Mg).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Bahas Layanan Inklusi Sosial, UPT Perpustakaan Kampus III Gelar Kajian Agama

Next Post

PMI Kota Padang Resmikan Langsung Mubes UKM KSR-PMI Tahun 2024

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty