Berikut Empat Macam Rendang Berbahan Utama Nabati

Masakan Rendang (Foto: pixabay.com)

Suarakampus.com- Rendang terlahir dari kebiasaan masyarakat Minangkabau yang dahulu sampai sekarang pemuda Minang suka mendedikasikan masa depan dengan merantau. Al-hasil orang Minang memikirkan makanan yang enak sekaligus tahan lama, diiringi juga karena alasan bentuk transportasi masa lalu tidak secanggih sekarang.

Keunikan Rendang tidak hanya sebatas itu, produk yang sempat menjadi makanan terenak diakui CNN menurut survei pada 2011 ini mengandung serangkaian nilai budaya dari setiap proses pembuatannya. Mulai dari memilih bahan masakan sampai pembuatan Rendang untuk sebuah acara dengan gotong-royong.

Rendang sebagai pemersatu lidah penduduk bersuku Minang selalu hadir pada kehidupan Masyarakat Minang seperti sajian sehari-hari dan upacara adat, oleh-oleh, maupun bekal merantau atau sekedar berpergian jauh.

Meski terkenal dengan olahan daging yang melekat pada masakan Rendang, masyarakat Minang semakin kreatif dengan mengelola bahan masakan yang ada disekitar rumahnya. Hal ini juga dilakukan untuk meminimalisir harga daging yang tidak sesuai dengan kantong. Sehingga, hadirlah Rendang dengan olahan nabati.

Berikut berbagai macam olahan Rendang berbahan utama nabati, dilansir dari buku Inventarisasi Perlindungan Karya Budaya Randang Minangkabau Warisan Leluhur yang Mendunia:

A. Rendang Jariang atau Jengkol

Rendang Jengkol ini biasanya menggunakan bahan berupa jengkol yang cukup tua berkisar 20 buah, kelapa dua buah, serta kelapa untuk disangrai dua butir.

Bumbu pelengkap seperti cabe merah gram, bawang merah 100 gram, bawah putih dua bulatan. Serta lengkuas, jahe, daun jeruk, garam, serai dan daun kunyit secukupnya.

B. Rendang Cubadak Gadang

Hal yang lumrah jika cubadak atau nangka digunakan sebagai pelengkap gulai, namun nangka juga dipakai menjadi bahan utama Rendang Cubadak. Adapun bahan digunakan seperti nagka tua, telur ayam kocok dan santan.

Sementara itu, bumbu dipakai berupa cabe merah, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, garam, daun jeruk purut, serai, dan daun kunyit secukupnya.

C. Rendang Daun Paku (Pakis)

Rendang Daun Paku menggunakan berbagai bahan masakan di antaranya daun paku atau pakis, santan, udang kupas. Masakan ini memakai bumbu berupa cabe merah, bawang merah, lengkuas, asam kandis, garam, bawang putih, jahe, daun ruku-ruku dan serai secukupnya.

D. Rendang Bungo Jua

Rendang Bungo Jua berbahan masakan seperti Bungo Jua, serta kelapa yang diambil santannya dan kelapa untuk disangrai, dengan memakai bumbu cabe merah, bawang putih, lengkuas, jahe, daun jeruk purut, serai, daun kunyit, dan garam.

Penulis: Ulfa Desnawati (Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Perihal Rabu dan Rindu

Next Post

Memperkuat Regenerasi, UKM WP Laksanakan PJTD

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat