Memperkuat Regenerasi, UKM WP Laksanakan PJTD

Suasana saat pembukaan acara PJTD WP UBH (Foto: Dita/wawasan proklamator)

Suarakampus.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wawasan Proklamator (WP) Universitas Bung Hatta (UBH) laksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Kegiatan ini diikuti oleh 11 Calon Anggota (Ca’ang) pada 04-06 Februari mendatang, yang dilaksanakan di Sumatra Barat Convention Hall, Bukit Lampu.

Selaku Ketua Panitia, Fidiah Elvi Yosi mengatakan PJTD ini diadakan sebagai langkah awal bagi calon wartawan WP untuk terus berproses. Kegiatan ini nantinya akan membahas materi tingkat dasar dalam dunia jurnalistik. “Nanti akan ada pelatihan kepenulisan jurnalistik, video jurnalistik dan fotografi,” katanya, Jumat (04/02).

Kata dia, kegiatan ini tidak hanya berisikan materi saja, namun nanti akan ada praktik lapangan langsung untuk merealisasikan ilmu yang telah didapat selama pelatihan berlangsung. “Peserta nanti juga akan didampingi oleh pemateri untuk pratik peliputan,” tambah wanita yang akrab disapa Fidi tersebut.

Kemudian, Pemimpin Umum WP, Rizal menuturkan bahwa, PJTD ini diwajibkan untuk diikuti oleh seluruh calon wartawan, berdasarkan tahapannya setelah ini mereka akan diberi waktu enam bulan untuk magang. “Ini merupakan tradisi yang mesti diikuti oleh Ca’ang agar tetap terus berproses di WP,” tuturnya.

Menurutnya, PJTD berfungsi sebagai wadah untuk menambah ilmu bagi calon wartawan. Serta ketekunan yang dimiliki oleh Ca’ang mempengaruhi berapa banyak yang didapatkan setelah pelatihan ini. “Kita sama-sama belajar, semoga ilmu yang didapatkan nantinya dapat dipraktekkan dengan baik,” sambungnya.

Selaku Pembina WP, Mico Kamal menegasakan bahwa ilmu aktif di pers mahasiswa harus didedikasikan dalam kehidupan masyarakat. “Apapun profesi kita mesti ikut berpartisipasi untuk membangun negeri menjadi lebih baik,” tegasnya.

Ia berharap semoga pelatihan ini memberikan kontribusi untuk masa depan dan apa yang dilakukan bernilai ibadah di sisi Allah. “Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah,” harapnya.

Selaku Kabag Kemahasiswaan, Ahmad Ifan mengatakan, salah satu faktor kesuksesan dari suatu organisasi ialah dengan memperkuat regenerasi. Organisasi harus memiliki kader yang akan melanjutkan perjuangan ke depannya.

“Kawan-kawan hari ini merupakan kesuksesan WP di masa yang akan datang,” tuturnya.

Katanya, materi yang diperoleh harus dieksekusi langsung. “Ini bukan materi kuliah, tapi ini dasar perjuangan bagi seorang wartawan yang akan menjafu sumber informasi di UBH nantinya,” katanya.

Ia berharap acara acara tersebut dapat berjalan secara lancar, dan mampu memperkuat niat Ca’ang WP untuk melanjutkan prosesnya. “Semoga acara ini berjalan Lanjar dan mengahasilkan regenerasi yang totalitas,” tutupnya. (ndn)

Wartawan: Firga Ries Afdalia

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Berikut Empat Macam Rendang Berbahan Utama Nabati

Next Post

Waspadai Omicron, WR I UIN IB Imbau Civitas Academica Taati Prokes

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty