Curah Hujan Tinggi, Beberapa Daerah Kecamatan Linggo Sari Baganti Alami Banjir

Curah hujan tinggi menyebabkan banjir di sejumlah daerah di Kabupaten Pesisir Selatan. (Foto: Instagram @irvan_d.amoy)

Suarakampus.com- Curah hujan tinggi sebabkan beberapa daerah di Pesisir Selatan digenangi air dengan debit tinggi. Akibatnya, banjir landa Kecamatan Linggo Sari Baganti sejak Jumat (17/12) hingga Sabtu (18/12).

Menurut keterangan, Wali Nagari Air Haji Barat Feby Oktafianto mengatakan, selain curah hujan tinggi hal ini juga diakibatkan oleh meluapnya Sungai Batang Air Haji. “Mungkin karena ada sedimen tanah dan ditambah dengan kelakuan nakal oknum yang membuang sampah sembarangan di jembatan Air Haji,” terangnya.

Sambungnya, selama banjir menerjang pemukiman, warga memilih untuk mengungsi ke rumah tetangga atau saudara yang tidak terkena dampak banjir. “Ada sebagian warga berinisiatif membuat rumah panggung atau lantai dua untuk evakuasi mandiri,” katanya saat dihubungi tim suarakampus.com, Minggu (19/12).

Feby menyebutkan, hujan mengguyur Kecamatan Linggo Sari Baganti selama dua hari, membuat masyarakat sulit beraktivitas dan istirahat. “Berdasarkan data yang didapat banjir mencapai kedalaman 1 sampai 1,5 meter,” tuturnya.

Lanjutnya, kerusakan dan rumah yang terdampak belum ada laporan pasti dari pihak kepala kampung ataupun masyarakat. “Diperkirakan kurang lebih ada 80 rumah terkena dampak banjir ini namun belum ada laporan pastinya,” jelasnya.

Senada dengan Feby, Kepala Kampung Labuhan Tanjak, Jhoni Setiawan menuturkan ada beberapa nagari yang terdampak di kecamatan ini seperti Air Haji Barat, Air Haji Tengah, Pasar Lama, Lubuk Buaya. “Nagari yang paling parah itu Durian Pandaan dengan titik banjirnya di Rantau Simalenang,” tuturnya.

Membenarkan ucapan Jhoni, salah seorang warga Durian Pandaan, Fadlurahman Mufid mengatakan banyak masyarakat yang memilih tetap bertahan di rumah dan menunggu banjir surut. “Sungai Batang Air Haji berhasil membuat banjir sekitar 2 hingga 4 KM yang mampu merendam beberapa kawasan sekitarnya,” katanya saat dihubungi via Whatsapp.

Ia berharap untuk masyarakat agar terus berhati-hati melihat cuaca yang yang buruk saat ini, dan terus siap siaga untuk kemungkinan buruknya. “Jangan lupa selamatkan diri dan keluarga dari banjir apalagi yang berskala besar nantinya,” tutupnya. (gfr)

Wartawan: Nada Andini

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Keluarkan Putusan Kontrovesial, Wasit Ammar Ebrahim dapati Protes Keras Shin Tae Yong

Next Post

Dipindahkan ke Kampus Tiga, Dekan FDIK: Kami Siap Jika Diminta

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty