Dua Hari Pemeriksaan NAPZA dan HIV, 347 Maba Hasilnya Negatif

Suasana pemeriksaan NAPZA dan HIV oleh Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang di Gedung Aula Mansur Dt Nagari Basa (Foto: Fajar/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Dua hari pemeriksaan Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV), 347 Mahasiswa Baru UIN Imam Bonjol Padang telah di periksa dan hasilnya negatif. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan selama enam hari pada 14-19 Agustus mendatang di kampus II tepatnya di Aula Mansur dan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di Sungai Bangek.

Penanggung jawab operasional, Rahmat mengatakan, mahasiswa yang mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut harus mengikuti seluruh prosedur yang telah ditetapkan oleh panitia. “Mahasiswa diminta untuk memberikan bukti pembayaran nanti pada bagian administrasi lalu, mengisi biodata, pemeriksaan dan tes urin,” terangnya kepada suarakampus.com, Rabu (16/08).

Kemudian, kata dia selama dua hari pemeriksaan kesehatan, Pihaknya telah melayani Maba 347 orang. Mahasiswa yang melakukan pemeriksaan hari pertama terhitung 175 dan 172 orang di hari kedua.

“Untuk hasilnya langsung keluar sekitar 15 menit setelah pemeriksaan. Dan alhamdulillah negatif,” ungkapnya.

Penanggung jawab Klinik UIN IB Padang, Gusni Ernawati mengatakan, Maba yang melakukan pendaftaran online tehitung 1.400 orang. Dan Maba wajib untuk membayar Rp 200.000 ke rekening BRI yang disediakan 0669-01-000950-56-2 atas nama Klinik UIN Imam Bonjol Padang.

“Maba boleh melakukan pemeriksaan di tempat lain. Bagi mahasiswa yang ingin melakukan pemeriksaan di Klinik UIN IB hanya perlu membawa bukti transfer tersebut sebagai bukti,” tuturnya.

Sementara itu, apabila Maba tersebut diduga positif NAPZA dan HIV, pihak klinik mengatakan bahwa itu kebijakan kampus untuk menindak lanjuti masalah tersebut. “Klinik bertugas memeriksa saja, untuk tindak lanjutnya, itu kebijakan kampus,” ungkapnya.

Mahasiswa baru dari jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPI-I), Suci mengatakan, ia telah melakukan pemeriksaan pada hari Selasa (15-08)lalu di kampus III Sungai Bangek. “Untuk hasilnya alhamdulillah negatif,” tutupnya. (red)

Wartawan: Fajar Hadiansyah

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Persiapan PBAK, Dua Gedung DijadikanTempat Ibadah di Kampus III

Next Post

Bedah Buku Studi Kritik Pendidikan Kontemporer: Konseptual Pendidikan Nasional

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty