Edukasi Mahasiswa Seputar Radikalisme, HMJ MD Hadirkan Seminar

Suasana seminar seputar mengantisipasi radikalisme (Sumber: Ifra/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Mahasiswa sebagai kontrol sosial memiliki peran penting dalam menyikapi radikalisme. Pasalnya, pemahaman yang merujuk pada radikalisme akan berpengaruh buruk dalam tatanan masyarakat itu sendiri.

Hal tersebut menjadi landasan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Dakwah (MD), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) mengedukasi mahasiswa dengan menggelar seminar bertajuk Memperkokoh Peranan Mahasiswa dan Generasi Muda dalam Menangkal Paham Radikalisme.

Wakil Dekan III FDIK, Abdullah Khusairi mengatakan, radikalisme merupakan pemahaman yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. “Radikalisme adalah pemahaman yang tidak mencerminkan masyarakat cinta tanah air,” katanya saat menyampaikan sambutan di Aula FDIK, Kamis (23/06).

Lanjutnya, sikap-sikap radikalisme nantinya jika dibiarkan berlarut-larut bakal menghantarkan seseorang kepada ideologi liberalisme. Untuk itu, kata dia, mahasiswa mesti ikut andil menangkal pemahaman tersebut. “Kita sebagai mahasiswa dakwah harus memahami apa itu radikalisme, dan mesti bisa bijak mengantisipasinya,” pintanya.

Sementara itu, Ketua panitia Muhammad Asrul menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan mengedukasi mahasiswa dalam menangkal paham-paham yang menyimpang dari syariat Islam. “Kegiatan ini penting diselenggarakan mengingat banyaknya paham-paham yang barangkali akan menjerumuskan teman-teman sekalian,”ucapnya

Ketua HMJ MD, Rahul Saputra membenarkan pentingnya diselenggarakan seminar yang membahas bagaimana menyikapi radikalisme. Katanya, teknologi yang tengah berkembang pesat secara sadar maupun tidak bisa memasukkan kenyakinan ekstrem, jika tidak bisa disaring dengan baik.

“Acara ini harus terselenggarakan, mengingat saat ini banyak kenyakinan-keyakinan menyimpang yang nantinya bisa menyerang pemikiran kawan-kawan,” tuturnya. (red)

Wartawan: Ifra Wahyuni (Mg)

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Post

Perihal Rasa

Next Post

RKUHP: Hina Kepala Negara Kenakan Ancaman Pidana Penjara 3,6 Tahun

Related Posts
Total
1
Share