UKM Kopma Gelar Seminar, Bahas Kemauan dan Kemampuan Berwirausaha

Suasana saat Direktur Utama Citra Swalayan, Redian Fikri Guspardi menyampaikan materi dalam seminar kewirausahaan di Auditorium Prof. Mahmud Yunus UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Rifda/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Kemauan dan kemampuan adalah dua hal penting dalam realisasi kesuksesan mahasiswa saat berwirausaha. Hal itulah yang disampaikan oleh Direktur Utama Citra Swalayan Group, Redian Fikri Guspardi saat menyampaikan materi dalam seminar kewirausahaan oleh UKM Kopma UIN Imam Bonjol Padang.

Ia menjelaskan kemampuan mahasiswa akan muncul saat teguhnya kemauan dalam dirinya. “Kemauan itu tergantung diri sendiri, jika banyak gengsi maka tidak ada yang akan tercapai,” lugasnya.

Redian mengatakan kegalauan yang terlalu lama dapat membuat seseorang putus asa dan menyerah. Ia menyebut, keberhasilan adalah puncak pencapaian dan hal itu mesti ditanamkan kepada jiwa setiap orang.

“Semuanya butuh proses, tidak ada yang langsung berhasil,” ucapnya.

“Jangan pernah memikirkan kegagalan dan kerugian, tapi pikirkan bagaimana keberhasilan itu hendak kita capai,” jelasnya saat menyampaikan materi di Auditorium Prof. Mahmud Yunus UIN Imam Bonjol Padang, Rabu (14/12).

Sebagai motivasi, ia juga menceritakan proses perjuangan salah satu toko cosmetic terkenal, Missglam dalam mewujudkan kesuksesan usahanya. “Toko itu awalnya hanya kegalauan pemilik Missglam saat Covid tahun 2020,” ujarnya.

“Sama halnya dengan Masjid Al-Hakim ditepi pantai Padang itu, pemiliknya merupakan pengusaha konveksi yang sukses berkat jerih payahnya selama ini,” sambungnya.

Redian menyampaikan agar seluruh mahasiswa bisa berkomitmen dengan niat dan tujuan awal serta terus berusaha menggapai impiannya. “Beranilah mencoba, dari situlah kita dapat mengetahui hasilnya,” tuturnya. (hry)

Wartawan: Rifda Fadhilah Dzikra (Mg) dan Januarica Amora Putri (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Eksistensi Guru dalam Menjadikan Murid Terpelajar

Next Post

Aku Ingin

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty