LPM Suara Kampus Adakan Pelatihan Foto Jurnalistik, Noli Hendra: Komponen Foto Lebih Utama

Penyampaian materi seputar foto jurnalistik oleh Pimpinan PSDM LPM Suara Kampus tahun 2012, Noli Hendra (Foto: Idhar/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Kampus adakan pelatihan foto jurnalistik di Kantor Redaksi LPM Suara Kampus, Senin (13/06). Adapun pelatihan tersebut bertujuan untuk memperdalam keilmuan seluruh anggota Suara Kampus dalam hal foto jurnalistik.

Pimpinan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) LPM Suara Kampus tahun 2012, Noli Hendra menyampaikan hal terpenting dalam pengambilan foto jurnalistik adalah keterangan foto tersebut. Katanya, keterangan foto berfungsi menyampaikan maksud atau makna dari sebuah foto.

“Keterangan foto sangat penting dalam media pemberitaan karena maksud dari foto termaktub di dalamnya,” jelas Noli saat menyampaikan materi.

Lanjutnya, sebuah foto jurnalistik tidak diperbolehkan melakukan pengeditan secara berlebihan karena nantinya akan merusak keaslian foto. “Foto jurnalistik tidak boleh diedit kecuali bagian crop atau kemiringannya saja,” terangnya.

Noli Hendra juga menjelaskan terdapat tiga jenis foto jurnalistik, yakni foto berita spot, foto berita umum dan foto esai. Ia menyebut, ketiga jenis foto tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda.

“Foto berita spot menerangkan peristiwa luar biasa seperti kecelakaan dan bencana alam, foto berita umum untuk kejadian yang bisa diprediksi seperti pidato gubernur dan foto esai sebagai pendukung bagi sebuah cerita,” ujar pewarta foto tersebut.

Sambungnya, foto jurnalistik memiliki tiga komponen penting dalam penerapannya, yakni komposisi foto, estetika foto serta objek foto. Menurutnya, semua komponen tersebut harus ada dalam sebuah foto berita.

“Nilai foto berita akan terlihat pada komposisi yang merupakan kumpulan elemen foto sedangkan estetika dan objek foto menjadi tujuan dari foto itu,” paparnya. (hry)

Wartawan: Idhar Rahman, Fajar (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

HMJ IPII FAH Langsungkan Seminar Literasi

Next Post

Sebuah Inspirasi

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat