Pelaksanaan Ekspo 2022 di Pertengahan Juni, Begini Persiapan UKM Selingkup UIN IB

Suasana pendaftaran perlombaan untuk pelaksanaan Ekspo 2022 di Blok M UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Indah/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Menyambut pelaksanaan Ekspo 2022 yang diadakan pada tanggal 13 hingga 18 Juni mendatang, segenap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Imam Bonjol Padang tengah mempersiapkan konsep kegiatan dan penampilan terbaik saat acara berlangsung. Pelaksanaan Ekspo 2022 nantinya juga akan diisi dengan perlombaan dan karya kreatifitas masing-masing UKM.

Seperti halnya dengan Koordinator kreatif UKM Musik, Annisa Ramadhani. Ia mengatakan persiapan UKM Musik sudah mencapai 95% serta persiapan dan latihan telah dimulai sejak terbentuknya kepanitiaan Ekspo 2022. “Untuk acara Ekspo, kami sudah membentuk band dan telah siap dengan berbagai penampilan lainnya serta latihannya telah kami mulai sejak terbentuknya panitia Ekspo,” tuturnya.

Annisa juga menyampaikan akan menampilkan kolaborasi band medley lagu-lagu minang dan akan ditambah dengan beberapa tari kreasi. “Alasan memilih konsep ini, karena kami yang bergelut di bidang musik akan menyesuaikannya dengan tema Ekspo kali ini,” ujarnya.

Kemudian, Annisa menyebut peralatan dan sumber dana untuk penampilan nanti berasal dari alat-alat dan uang kas UKM Musik sendiri. “Untuk alat-alat musik dan dana persiapan acara, kami hanya gunakan dari uang kas dan alat UKM Musik saja,” lugasnya.

Annisa berharap agar pelaksanaan Ekspo 2022 berjalan lancar dan seluruh UKM dapat berpartisipasi untuk mengisi kegiatan. “Harapannya, semoga acaranya lebih meriah lagi, dan semua UKM bisa lebih kompak lagi,” tutupnya.

Senada dengan itu, pengurus bidang keilmuan dan kreatifitas UKM Teater UIN IB, Nur Abdila mengatakan UKM Teater tengah membicarakan soal konsep dan persiapan posko penampilan yang akan dibuat nantinya. “Kami sedang membicarakan akan menampilkan apa, rencananya kami akan menampilkan pertunjukan teater, setelah itu akan membahas tentang dekorasi posko kami nantinya,” ungkap Dila.

Selain itu, Dila juga menyampaikan akan adakan melukis bersama di atas kanvas. Ia menyebut, peserta untuk melukis bersama ini akan terbuka dan bebas untuk seluruh mahasiswa UIN IB. “Alasan kami melakukan ini adalah untuk mengajak mahasiswa menuangkan dan meluapkan perasaannya lewat kanvas serta ini juga sebagai bentuk terapi,” jelasnya.

Lanjutnya, Dila menuturkan pihaknya sedang mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk penampilan Ekspo nantinya. Kata Dila, sumber dana untuk persiapan tersebut didapat dari ajuan proposal dan kegiatan ngamen seni di sekitar Blok M UIN Imam Bonjol Padang.

“Untuk dananya, kami akan mengajukan proposal serta ngamen seni di Blok M ini, jadi bagi teman-teman yang ingin menyumbang dipersilahkan,” ucapnya.

Selaku Wakil Ketua UKM Olahraga, Reza Fahlevi menuturkan persiapannya sudah masuk 70%. Namun, untuk konsep penampilan belum dipastikan secara matang oleh pihaknya.

“Setiap Ekspo dilakukan, biasanya kami hanya menyampaikan divisi di UKO dan untuk persiapan alat-alat kami sedang meninjau kembali orang-orang yang telah kami utus sebelumnya,” ujarnya saat diwawancarai oleh tim suarakampus.com.

Sambungnya, ia menuturkan dana untuk persiapan acara hanya dari uang kas kepengurusan saja. Menurutnya, progres persiapan acara tergantung pada minat dan bakat keanggotaan UKM Olahraga UIN IB.

“Ke depannya, kami belum ada gambaran tentang penampilan dari UKO dan hal ini tergantung minat dan bakat adik-adik di UKO, karena kami sebagai pengurus hanya menyalurkannya saja,” ungkap Reza.

Kemudian, Reza berharap agar acara Ekspo 2022 nantinya ramai dikunjungi oleh mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang serta berantusias masuk ke dalam UKM-UKM yang ada. “Semoga acaranya bisa kembali ramai seperti dua tahun ke belakang serta banyak teman-teman mahasiswa yang berminat masuk ke UKM yang ada di UIN ini,” ucap Wakil Ketua UKO itu.

Lain halnya dengan Ketua UKM Pramuka, Yulrizal yang kerap mempersiapkan konsep acara cukup lama. Katanya, UKM Pramuka telah mempersiapkan anggotanya untuk mengikuti beberapa cabang lomba yang telah disiapkan.

“Biasanya, bagi anggota kami yang sudah terpilih, nantinya kita akan menyediakan mentor oleh masing-masing cabang,” tutur Rizal.

Lanjutnya, Yulrizal menyebut pihaknya masih belum mempersiapkan konsep penampilan secara matang karena konsep acara Ekspo masih belum diketahuinya. “Jika konsep Ekspo ini masih sama seperti kemarin, saya rasa UKM Pramuka sudah siap untuk ini,” ungkap Ketua Umum UKM Pramuka itu.

Yulrizal juga menuturkan UKM Pramuka tentunya akan mendanai pesertanya dengan peralatan dan dana kas kepengurusannya. “Kalau sekiranya alat-alat kami tidak mencukupi, biasanya kami akan merental atau meminjam demi memenuhi alat-alat yang dibutuhkan,” terangnya.

Kemudian, ia berharap agar pelaksanaan Ekspo 2022 bisa berjalan sukses sesuai dengan harapan dan target seluruh UKM selingkup UIN IB. Menurutnya, acara ini harus memberikan nilai positif untuk seluruh mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang.

“Dengan adanya Ekspo ini, kita bisa memperhatikan bahwa UKM bukan hanya sebagai tempat bercerita, melainkan bisa jadi wadah untuk mengembangkan bakat semua mahasiswa UIN ini,” harapnya. (hry)

Wartawan: Indah Yulfia (Mg), Mai Sarah (Mg), Tsalsabila (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Pada Janji yang Engkau Khianati

Next Post

Beranjak Dewasa

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat