Pelatihan Hisab dan Rukyat Hilal sebagai Penentuan jadwal Ramadan 1445 H

(sumber: Sofi/suarakampus com)

Suarakampus.com- Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang mengadakan pelatihan hisab dan rukyat yang diadakan di lantai 1 Aula Gedung Syariah kampus lll, Sungai Bangek. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari tim suarakampus.com, pelatihan ini diikuti oleh 40 mahasiswa Fakultas Syariah Jumat (23/02)

Dekan Fakultas Syariah Ikhwan Matondang menghadirkan langsung ahli bidangnya. “Jadi ikutilah dengan serius sebab kita mendatangkan pakarnya,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III (WD 3) Fakultas Syariah Ridha Mulyani menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan diusung dalam rangka memberi pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam penghitungan hisab rukyat. “Agenda ini sebenarnya dilaksanakan dua hari namun di padatkan menjadi satu hari,” tuturnya.

Ia menambahkan pelatihan ini ditawarkan untuk seluruh mahasiswa Fakultas Syariah. “Mahasiswa semester empat dan enam atau yang berminat dalam meningkatkan pemahaman tentang hisab dan rukyat”, ucapnya.

Lanjutnya, ia menjelaskan pelatihan ini menghadirkan narasumber dari pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) dan ketua Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang. “Materi pertama tentang menghitung jadwal ramadhan dan materi kedua dari DR. Suaidi Ahadi, ST, MT menjelaskan tentang konsep dasar hilal dan rukyat hilal serta mengenalkan cara menggunakan Mikroskop kepada mahasiswa,” ungkapnya.

Kemudian ia berharap agar mahasiswa dapat pemahaman yang luas. “Semoga dengan adanya pelatihan seperti ini dapat menambah khazanah pengetahuan dalam menentukan jadwal Ramadan, Syawal, dan perhitungan bulan hijriah lainya,” tutupnya. (hkm)

Wartawan: Sofi Asri(Mg), Zelzira Miky Lezia (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Pelantikan Serentak UKM Diundur, Berikut Alasannya

Next Post

Jendral Pendis Resmikan Gerbang dan Gedung Asrama Ma’had Tuanku Imam Bonjol Padang

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty