Pemred Majalah Tempo: Faktor Penting Kolaborasi Harus Punya Ide yang Sama

Sosok Wahyu Dhyatmika (Foto: Nada Andini/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Hari ketiga Diskusi Resep dari Dapur Tempo hadirkan Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Wahyu Dhyatmika. Kegiatan kali ini bahas mengenai kolaborasi dan jejaring global secara virtual, Jumat (05/03).

Memulai dialog, Wahyu mengatakan untuk melakukan liputan kolaborasi dengan berbagai pihak, perlu mencari value untuk diungkap bersama. “Pihak media yang memiliki kesamaan nilai dan memiliki bahan yang menarik dapat kita ajak untuk melakukan kolaborasi,” katanya.

Lanjutnya, walaupun kita melakukan kolaborasi tetapi keputusan akhir akan dikembalikan lagi kepada media bersangkutan. “Apakah mereka memilih untuk ikut dengan konsep awal atau ingin membuat hal lain, tergantung kepada pihak media masing-masing,” ucapnya.

Wahyu menjelaskan, faktor penting dari sebuah kolaborasi adalah mempunyai ide yang sama dari masing-masing redaksi. “Kalau kita tidak punya keterpercayaan dan kesamaan value dengan rekan kolaborasi, itu akan membuat semuanya berantakan,” ungkapnya.

Kemudian, Wahyu menyebutkan kerja jurnalis investigasi memiliki beberapa hambatan. “Biasanya jurnalis investigasi memiliki kontrak dengan pihak media dan siapa yang bertanggung jawab terhadapnya apabila terjadi permasalahan ketika liputan,” terangnya.

Selanjutnya, liputan ini akan sangat berbeda apabila dikerjakan sendiri oleh Tempo dan bekerjasama dengan pihak lainnya akan memunculkan respon publik yang lebih luas.“Ketika dikerjakan bersama-sama maka cakupannya pasti akan lebih besar ketimbang digarap sendiri oleh Tempo,” tutupnya. (gfr)

Wartawan: Nada Andini (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Hari Kedua Diskusi Resep dari Dapur Tempo Bahas Modal Jadi Wartawan Investigasi

Next Post

Menerka Sebuah Rindu

Related Posts
Total
0
Share