Tujuh Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Jadi Relawan Penanganan Penyintas Gempa Pasbar

Suasana perkumpulan relawan tim psikologi peduli Sumatra Barat. (Foto: Rena/Koordinator Himpsi)

Suarakampus.com- Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) lakukan penanganan penyintas gempa di Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman. Kegiatan tersebut turut melibatkan tujuh Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang.

Koordinator Himpsi, Rena Kinnara Arlotas menjelaskan, keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini juga harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan, seperti harus berasal dari fakultas atau Prodi Psikologi. “Bagi yang telah mendaftar bersedia diturunkan langsung ke lapangan, dengan menyertakan keterangan izin orang tua,” jelasnya, Kamis (10/03).

Ia mengatakan, selesai melengkapi persyaratan relawan dibekali terlebih dahulu oleh tim psikologi peduli Sumbar, terkait hal yang hendak dilakukan nanti di lokasi. “Tujuh Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang, ikut ambil peran dalam kegiatan kali ini,” ucapnya kepada wartawan suarakampus.com.

Rena berharap kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pihak pemerintah, masyarakat, dan akademisi kampus yang memiliki Prodi Psikologi di dalamnya. “Semoga kita dapat saling bekerja sama dengan satu tujuan sama, membantu masyarakat terdampak akibat bencana gempa bumi ini,” harapnya.

Menanggapi hal ini, Dosen Psikologi Universitas Putra Indonesia (UPI ) Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Padang, Andhika Anggawira menyebutkan, tercatat pada tahap ini ada 40 relawan yang akan terjun ke lokasi kejadian. “Ada 30 relawan yang akan dikirim ke Pasaman dan 10 ke Pasaman Barat, untuk UIN IB sendiri itu ada tujuh mahasiswa yang turun,” sebutnya.

Kemudian, Ia menuturkan bahwa ada beberapa Asosiasi Psikologi Sumatra Barat (Sumbar) yang ikut andil dalam kegiatan ini, yakni Asosiasi Psikologi Forensi, Asosiasi Psikologi Industri Organisasi, Asosiasi Psikologi Islam, dan Asosiasi Psikologi Pendidikan.

Selain itu, Andhika menjelaskan Fakultas atau Prodi Psikologi di Sumatra Barat terjunkan relawan psikolog dan Mahasiswa Psikologi, di antaranya berasal dari Fakultas Psikologi UPI YPTK Padang, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (UNP), Prodi Psikologi Islam UIN IB, Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) Unand, dan Prodi Psikologi Islam IAIN Batusangkar. “Semua Prodi pada berbagai kampus tersebut, tetap bekerja sama dengan Tim Psikologi Peduli Sumatra Barat,” ujarnya.

Kata dia, tim membawa bantuan dana dan logistik yang didapatkan melalui uluran bantuan dari masyarakat berupa, bahan makanan pokok, mainan, buku cerita anak, pakaian layak pakai, alat salat dan lainnya. “Relawan dari gabungan beberapa Prodi Psikologi juga memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk perbaikan psikis pasca gempa,” tutupnya. (ndn)

Wartawan: Izzatul Nisa Syafa

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Titian Pilu

Next Post

19 Pengurus UKM Tapak Suci Resmi Dilantik, Ketua: Targetkan Ikuti Ajang Perlombaan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty