Usai PBAK UIN IB Bakal Laksanakan Seiba Sebagai Ajang Perkenalan Organisasi Kampus

Gedung Rektorat UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Iqbal/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Pasca Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), UIN Imam Bonjol Padang bakal lakukan kegiatan Sepekan Kreasi Bersama (Seiba) untuk memperkenalkan organisasi kampus kepada Mahasiswa Baru (Maba). Kegiatan tersebut bakal dilangsungkan selama empat bulan pada Agustus-November mendatang.

Presiden Mahasiswa (Presma) Napolion mengatakan, kegiatan tersebut adalah gagasan dari Wakil Rektor III. Acara tersebut akan menghidupkan suasana kampus serta mengedukasi Maba tentang organisasi yang dapat mengembangkan diri. “Organisasi merupakan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan pengembangan pola pikir dan diri,” katanya, Kamis (27/07).

Lanjutnya, pengenalan tersebut merupakan agenda tahunan yang biasanya dilakukan dalam rangkaian kegiatan PBAK, namun tahun sekarang dilaksanakan secara terpisah. “Pengenalan ini akan kita pisah dengan PBAK dengan tujuan agar kita bisa melihat bakat dan minat mereka, dan Ormawa serta UKM mana yang cocok untuk mereka,” ucapnya.

Kemudian, kata dia pelaksanaan Seiba akan langsung digelar setelah PBAK selesai selama empat bulan, dan bakal dilakukan pada hari Sabtu-Minggu. “Usai pengenalan selama empat bulan tersebut, kita juga akan melangsungkan festival Seiba yang menjadi ajang penampilan bakat Maba nantinya pada akhir Januari,” ujarnya.

Ia menuturkan, Dewan Mahasiswa Universitas (Dema-U) akan menjadi penanggung jawab dalam kegiatan tersebut nantinya, untuk mekanisme serta penyusunan panitia masih dalam proses. “Seiba ini ditanggung jawab oleh Dema-U dan kami juga akan berkolaborasi nantinya dengan Ormawa dan UKM selingkup UIN IB,” tuturnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Welhendri Azwar membenarkan bahwa kegiatan tersebut usulan darinya, dengan tujuan mengidentifikasi bakat dan minat mahasiswa khususnya Maba. “Maba tentu perlu bimbingan ke mana potensi yang akan mereka geluti,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Seiba diserahkan kepada Ormawa Universitas bagaimana konsep kegiatan dilakukan sesuai kreativitas. “Saya ingin Ormawa UIN IB ini lebih kreatif lagi dalam memetakan konsep kegiatan agar lebih menarik,” sebutnya.

“Namun sampai sekarang belum ada konfirmasi terkait penyusunan panitia dan juga konsep acara kepada saya,” tambahnya kepada suarakampus.com.

Ia berharap, agar pihak Dema-U segera membentuk panitia dan menyusun roundown acara supaya kegiatan tersebut matang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. “Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu menaikkan kualitas dari Ormawa kampus, serta penempatan mahasiswa sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki,” harapnya. (ndn)

Wartawan: Ifra Wahyuni (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Casino Pin Up Pin

Next Post

HP PCs Troubleshoot the webcam Windows

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat