Upaya Penghentian Reklamasi dan Pembangunan di Danau Singkarak Dapat Terjawab

Suasana siara pers Walhi, Focus Group Discussion (Sumber: Walhi Sumbar)

Suarakampus.com- Perihal penghentian reklamasi dan pembangunan di atas badan air di Danau Singkarak, adalah upaya penyelamatan lingkungan hidup yang merupakan tanggung jawab bersama. Hal ini tidak akan terlepas dari upaya menjaga lingkungan, agar generasi 10 tahun juga dapat merasakan dampak baiknya.

Melalui siaran pers, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) sudah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), terkait kolaborasi penyelamatan danau prioritas nasional di Sumatera Barat, yang juga merupakan amanat Perpres 60 Tahun 2021 tentang penyelamatan danau priortias nasiona. Kegiatan ini diadakan di hotel grand Zuri, Padang, Jumat (28/01).

Selain itu, FGD tersebut juga membahas persoalan reklamasi di Jorong Kaluku, Nagari Singkarak dan pembangunan objek wisata di atasnya.

Hasil pertemuan tersebut, menghasilkan beberapa kesepakatan dan rekomendasi terkait penyelamatan Danau Singkarak. Kemudian, Kementrian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional  (ATRBPN) menyampaikan bahwa adanya pelanggaran pemanfaatan ruang di Danau Singakarak.

Tidak hanya itu, untuk menyepakati pemerintah Kabupaten Solok dalam berkomitmen untuk bertanggung jawab perihal penghentian reklamasi dan pembangunan di atas badan air Danau Singakarak. Maka, penerbitan Surat Keputusan Pengenaan Sanksi Administratif berdasarkan Pasal 194 PP 21 Tahun 2021 kepada CV Anam daro dan PT Kaluku Indah Permai terkait reklamasi dan pembangunan di atas badan air di Danau Singkarak paling lambat 4 Februari 2022.

Selanjutnya, untuk memastikan terlaksananya pemulihan fungsi ruang serta memastikan penghentian pemanfaatan badan air dan sempadan Danau Singkarak, sanksi yang akan diberikan kepada CV Anam Daro adalah terhitung sejak ditandatanganinya surat keputusan pengenaan sanksi administratif.

Sanksi ini berupa pembongkaran bangunan di atas tanah hasil reklamasi dan badan air Danau Singkarak paling lambat tiga bulan, mengembalikan batu krib penahan abrasi paling lambat tujuh hari, dan engembalikan alur badan air, serta pembongkaran saluran drainase agar menjadi seperti semula paling lambat tiga hari.

Sedangkan sanksi yang akan diberikan kepada PT. Kaluku Indah Permai, yaitu melakukan upaya pemulihan berupa pengerukan tanah reklamasi yang ramah lingkungan, paling lambat empat bulan sejak ditandatanganinya surat keputusan pengenaan sanksi administratif.

Direktur Walhi Sumbar, Uslaini mendukung dan mengapresiasi kerja yang dilakukan kementerian ATR BPN serta KPK RI dalam menyelesaikan persoalan pembangunan objek wisata dan reklamasi yang terjadi di danau Singkarak. “Saya sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh kementerian
ATR BPN serta KPK RI dalam menyelesaikan persoalan ini,” ucapnya.

Kemudian, pemerintah Provinsi Sumbar, Pemerintah Kabupaten Solok, dan semua yang terlibat dalam upaya penyelamatan Danau Singkarak, sudah berkomitmen yang ditandatangani oleh pemerintah Kabupaten Solok. “Semua ini merupakan sebuah keberhasilan semua pihak, yang terlibat dalam upaya penegakan hukum untuk menjaga lingkungan hidup yang baik dan sehat,” katanya dalam siaran pers itu.

Kendati demikian, kata dia, perlu peran bersama baik masyarakat, pihak penegak hukum dan Pemerintah, untuk bisa mengawasi dan mengawal Sanksi Administratif agar terlaksananya upaya pemulihan fungsi ruang yang dikenakan kepada CV Anam daro dan PT Kaluku Indah Permai, sehingga tercapai tujuan pemulihan danau Singkarak seperti sebelum dilakukannya reklamasi.

“Kasus ini bisa menjadi pembelajaran dan pengingat, serta efek jera bagi semua pihak, baik pemerintah, maupun korporat untuk taat pada aturan, yang berlaku serta tidak melakukan hal-hal serupa yang bisa merusak lingkungan hidup,” tutupnya.

Wartawan: Redaksi

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Upgrading LPM Suara Kampus Bahas Urgensi Pahami Ideologi

Next Post

SETARA Institute Kutuk Keras Pembongkaran Masjid Ahmadiyah di Kabupaten Sintang

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat