Ustad Zainal Arifin: Nafsu Muthamainnah Dapat Memberikan Hikmah dan Pengajaran

Suasana Masjid AL Ikhlas, Surau Balai Kelurahan Anduring RW.IV, Kec. Kuranji Padang (Foto: Hary Elta Pratama/suarakampus.com).

Suarakampus.com- Ustad Zainal Arfin berikan khutbah Jumat dengan tema Nafsu Muthmainnah yang Ada dalam Diri Setiap Manusia. Hal ini disampaikannya saat mengisi khutbah Jumat di Masjid Al Ikhlas, Surau Balai Kelurahan Anduring, Kec. Kuranji, Kota Padang, Jum’at, (15/01).

Ustad Zainal Arifin mengatakan bahwa setiap diri manusia ada yang namanya nafsu Al-muthamainnah. Nafsu tersebut diciptakan Allah SWT untuk manusia yang dapat memberikan hikmah dan pengajaran kepada hambanya.

Dalam diri setiap manusia ada nafsu yang membawa kepada kebaikan, keburukan, dan memberikan ketenangan kepada manusia.

“Nafsu dapat berubah dan akan berdampak dalam hidup. Baik dan buruk dampaknya tergantung ke arah mana kita akan mempergunakan nafsu tersebut,” jelasnya.

Ia menganjurkan supaya kita dapat menahan diri dari segala hal yang diinginkan oleh nafsu tersebut. Ada terselip pengajaran serta hikmah yang bisa didapat untuk mengendalikan hawa dan nafsu.

“Kemanakah kita arahkan hawa nafsu di dalam hidup ini, apakah kita yang mengendalikan nafsu itu atau sebaliknya kita yang dikendalikan oleh nafsu tersebut,” tegasnya.

Di akhir khutbahnya, ia menjelaskan untuk mengendalikan hawa nafsu tersebut tidaklah mudah, akan tetapi melalui kebiasaan akan merubah diri dan menebar kebaikan kepada semua orang, ketenangan dan rasa syukur akan membuat hati dan jiwa menjadi tentram sekalipun yang diperbuat itu hanyalah hal yang sederhana. (Ulf)

Wartawan: Hary Elta Pratama (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Rektor UIN Imam Bonjol Padang

Next Post

AJI Palembang Gelar Outlook Series Seri Kedelapan

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat