LKD Syarat Wajib Bergabung ke Ormawa FTK

Suasana saat kegiatan pelatihan LKD HMJ T-IPA Fisika yang diikuti 64 mahasiswa (Foto: Ifra/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Tumbuhkan etika dan mengasah jiwa kepemimpinan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris IPA (T-IPA) Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), laksanakan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD). Kegiatan tersebut diwajibkan untuk diikuti oleh seluruh Mahasiswa T-IPA di Aula Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang.

Ketua Panitia Fauzan Lubis mengatakan, pelaksanaan acara LKD tersebut berlangsung sejak 27-28 Juni mendatang, dengan tujuan untuk membentuk etika dan melahirkan jiwa kepemimpinan dalam diri setiap Mahasiswa T-IPA Fisika. “Hal ini tentunya mampu membentuk pemimpin yang kreatif, inovatif dan berperilaku baik hendaknya,” katanya, Senin (27/06).

“Bagi yang tidak ikut sekarang bisa ikut tahun depan, sebab LKD ini syarat untuk masuk Ormawa,” sebutnya.

Lanjutnya, kegiatan memang diperuntukkan kepada Mahasiswa Fisika angkatan 21 walaupun demikian, pelatihan tersebut juga tidak terbatas untuk Jurusan Fisika saja ada dari Jurusan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

“Ada sebagian jurusan yang mengikuti pelatihan yang kami lakukan ini, jadi memang kegiatan ini tidak hanya untuk T-IPA Fisika saja,” ucapnya saat menyampaikan sambutan.

“Tercatat ada sekitar 64 peserta yang ikut kegiatan ini, 53 orang dari Jurusan T-IPA Fisika dan ada 11 orang dari BKPI,” tambahnya.

Kemudian, kata dia pelatihan LKD adalah agenda tahunan yang terus dilakukan oleh HMJ, tentu untuk mencapai puncak mesti ada kendala-kendala serta butuh kesiapan ekstra agar acara berjalan lancar dan sukses.

Ia menjelaskan bahwa LKD di lingkup FTK memang hanya dilakukan pada jurusan setiap tahunnya, berbeda dengan fakultas lainnya yang melaksanakan selingkup fakultas.

“Keinginan agar acara tampil beda dari tahun-tahun sebelumnya sehingga, butuh persiapan yang matang. Namun, terkendala kurang kompaknya panitia dalam menggalakkan pelatihan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum HMJ T-IPA Fisika Feri Sadria menjelaskan, nanti peserta LKD akan disuguhkan dengan berbagai pembekalan wawasan berupa, mental kepemimpinan. “Pelatihan ini akan dipakai nantinya saat menjalankan roda kepengurusan serta estafet kepemimpinan ke depannya” jelasnya.

“Ke depannya diharapkan peserta yang notabene angkatan 2021 bisa menjadi pemegang kendali dan estafet kepemimpinan yang lebih baik di tahun-tahun selanjutnya,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Jurusan T-IPA Fisika Prima Aswirna menuturkan, LKD yang berlangsung sekarang ini tidak hanya penting untuk mahasiswa saja, namun untuk alumni sekalipun juga perlu mengetahui materi dasar kepemimpinan.

“Menjadi pemimpinan adalah sebuah kesempatan dan seorang pemimpin harus memiliki personality opportunity yang baik, maka dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi kita,” tuturnya.

Ia berharap, kepada seluruh peserta yang mengikuti LKD pada kesempatan yang ada, teruslah melatih kemampuan diri. “Semoga kegiatan ini bisa membawa nama kampus di Kancah Internasional, dan kita semua adalah agen of changes,” harapnya. (ndn)

Wartawan: Ifra Wahyuni (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Ketum Kemapsi Desak Pemda Pasaman Barat Bangun Jembatan Sikilang

Next Post

Perpisahan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty