Ilustrator Tempo: Menghasilkan Ilustrasi yang Baik Perlu Banyak Latihan

Sosok Kendra H Paramita (Foto: Nada Andini/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Hari keempat Dialog Resep dari Dapur Tempo hadirkan Ilustrator Tempo, Kendra H Paramita. Kegiatan diskusi kali ini mengusung tema di Balik Ilustrasi Sampul yang dilaksanakan secara virtual, Sabtu (06/03).

Kendra mengatakan, siapa saja boleh mengajukan usulan tentang ide ilustrasi. “Namun yang bertanggung jawab membahas ide adalah ilustrator walaupun keputusannya ada pada Pemimpin Redaksi, ”katanya.

Lanjutnya, ada beberapa Pemimpin Redaksi yang pro aktif terhadap ilustrasi. “Ada Pemimpin Redaksi yang memberikan usulan kepada ilustrator terkait pembuatan ilustrasi yang akan dibuat dan diterbitkan baik di Majalah maupun Koran Tempo,” ungkapnya.

Kendra mengungkapkan ilustrator perlu mencari keyword dari apa yang berkaitan dengan masalah. “Dari situ kita bisa racik serta mengolah kembali ketika ada yang perlu untuk diperbaiki sebelum diajukan kepada Pemimpin Redaksi untuk diperbincangkan,” ungkapnya.

Audiens Tempo rata-rata seorang intelektual membuat kita merasa penggunaan perumpamaan lebih cocok ketimbang menggambar secara blak-blakan. “Setelah pembuatan sketsa Pemimpin Redaksi akan membahas dan mendiskusikan lagi lalu baru bisa di eksekusi setelah 2-3 hari,” jelasnya.

Kemudian Kendra menyebutkan, untuk pengolahan gambar di aplikasi digital biasa juga bisa digunakan. “Sebenarnya aplikasi apapun itu tetap menghasilkan gambar yang sama, jadi kita hanya perlu mengoptimalkan alat-alatnya sesuai kemampuan dan jangan pernah membatasi karya dengan alat,” terangnya.

Untuk menghasilkan ilustrasi yang baik perlu banyak latihan. “Kita dapat melakukan observasi dan berpikir kritis untuk mencari solusi karena ilustrasi yang dilakukan dengan tujuan pesan itu dapat tersampaikan melalui gambar,” tutupnya. (gfr)

Wartawan: Nada Andini (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Next Post

Pakar Psikologi UIN IB: Kesepian Hanya Sebuah Perasaan

Related Posts
Total
0
Share
410 Gone

410 Gone


openresty