8 Amalan Menambah Pahala di Bulan Ramadan

(Sumber : Pixbay.com)

Oleh: Muhammad Iqbal
Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN IB

Suarakampus.com- Dalam rangkaian ayat maupun hadis, banyak berbicara terkait keistimewaan maupun amalan yang dapat menambah pahala selama Ramadan. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh hikmah, lantaran setiap harinya Allah menjanjikan banyak berkah kepada kita. Ramadan dapat dimanfaatkan oleh umat muslim untuk memperoleh pahala yang besar. Mengerjakan amalan yang baik selama Ramadan tentunya dapat memperoleh pahala yang tidak terhingga dari Allah SWT.

Salah satu keistimewaan bulan Ramadan yaitu saat adanya malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam Lailatul Qadar sangat istimewa, di mana do’a kita dikabulkan dan pintu langit dibukakan.

Maka, sebagai u mat muslim kita harus berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya pada bulan Ramadan. Lalu, Bagaimana cara mengumpulkan pahala yang banyak pada bulan Ramadan?

Dilansir dari laman NU Online, diantara amalan-amalan yang dapat menambah pahala selama Ramadan yaitu:

Segera berbuka saat Azan magrib
Ketika masuknya azan magrib, hendaknya kita untuk segera membatalkan puasa. Menyegerakan berbuka sebelum salat magrib, dan tidak menundanya dapat menambah pahala kita di bulan Ramadan.

    Rasulullah SAW menyarankan agar berbuka dengan yang manis-manis, salah satunya kurma. Jikka tidak ada, maka berbukalah dengan air untuk melepaskan dahaga.

    Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan buah kurma. Jika tidak ada, maka dengan air. lantaran, air itu menyucikan.” (HR Abu Dawud).

    Membaca doa saat berbuka puasa
    Adapun doa berbuka puasa adalah sebagai berikut. Allahumma lakashumtu wabika aamanthu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

    Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan yang maha pengasih.

    Sahur
    Makan atau minum seteguk air saat sahur, dapat menambah pahala kita. Melaksanakan sahur termasuk salah satu amalan sunah di bulan Ramadan.

    Rasulullah SAW menjelaskan terdapat banyak keberkahan dalam sahur. “Bersantap sahurlah, lantaran dalam sabur ada keberkahan.” (HR al-Bukhari).

    Bersedekah
    Bersedekah kepada sesama, dapat menambah pahala di bulan Ramadan. Tidak melulu bersedekah dengan uang, kita bisa bersedekah menggunakan makanan atau minuman untuk berbuka puasa.

    “Bagi orang yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, akan dicatat baginya pahala seperti orang berpuasa, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Ahmad).

    Memperbanyak Membaca Al-Qur’an
    Membaca al-Quran secara sendiri atau bertadarus sangat dianjurkan saat bulan Ramadan. Dalam sabda Rasulullah SAW, mengkhatamkan al-Quran satu kali selama bulan Ramadan merupakan amalan yang mulia

    “Siapa saja yang membaca satu huruf al-Quran maka baginya satu kebaikan, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.” (HR Imam Tarmidzi).

    Semakin banyak kita khatam al-Quran, maka makin baik dan bertambah pula pahala yang akan didapat.

    I’tikaf
    I’tikaf ialah ibadah dengan berdiam diri di dalam masjid. Berdiam diri merujuk pada tidak keluar masjid, lantaran sibuk melakukan berbagai ibadah wajib dan sunah.
    Adapun Ibadah yang dapat dilakukan selama I’tikaf, yaitu salat wajib atau sunah, berzikir, tadarus al-Quran serta mendengarkan kajian keagamaan.

    “Jika telah masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, beliau menghidupkan malam dan membangunkan istri-istrinya, bersungguh-sungguh (dalam beribadah) dan menjauhi istrinya.” (HR Asiyah).

    Menjaga Ucapan
    Menjaga ucapan perlu dilakukan saat bulan Ramadan, lantaran dapat membatalkan puasa. Kita harus menghindari diri dari ucapan yang tidak bermanfaat, seperti berbohong dan mengumpat, guna mencegah timbulnya dosa.

    Istiqamah dalam beribadah
    Sebagai umat muslim, kita harus konsisten dalam menjalankan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan. Semua amalan sunah yang dilakukan di bulan Ramadan, tidak akan putus setelah ramadan berakhir.

    Demikianlah amalan yang dapat kita lakukan selama Ramadan untuk menambah pahala. Betapa beruntungnya seseorang yang bisa menjalankan 8 amalan di atas.

    Padang, 31 Maret 2023.

    Total
    0
    Shares
    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Previous Post

    Bangun Solidaritas Mahasiswa, HMPSI UIN IB Bakal Bagikan Bansos dan Takjil

    Next Post

    UKM MK Rilis Video Klip Perdana, dengan Lagu Berjudul Taubat

    Related Posts
    Total
    0
    Share
    410 Gone

    410 Gone


    openresty