Aktualisasi Potensi Diri, HMP PBA Lakukan Seminar Semangat Menulis dan Publikasi

Suasana seminar semangat menulis dan publikasi yang dilakukan HMP PBA FTK UIN IB Padang (Foto: Nafi/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Menumbuhkan semangat menulis dan publikasi mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang dalam bahasa arab, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) langsungkan seminar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Mansur Dt. Nagari Basa.

Ketua Panitia Aldino Alfares mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Proker selama kepengurusan, acara itu diangkat oleh divisi intelektual HMP. “Seminar ini bagian dari agenda tahunan HMP yang selalu dilaksanakan di setiap kepengurusannya,” katanya, Jumat (09/09).

Lanjutnya, panitia menargetkan 200 peserta yang bakal ikut dalam seminar tersebut lantaran kegiatan dibuka juga untuk umum. “Seminar ini tidak hanya untuk mahasiswa PBA saja tetapi, mahasiswa lain juga boleh ikut,” ucapnya.

“Alhamdulillah yang ikut ada 150 orang, untuk pemateri kami datangkan dosen dari UMSB yang berkompeten dalam bidang tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua HMP PBA Ahmad Rizky menjelaskan bahwa banyak dari mahasiswa yang ahli dan berbakat menulis, namun untuk mempublikasikannya yang belum paham. “Hal ini menjadi dasar buat kami untuk mengangkat seminar, agar melalui acara ini ke depannya mahasiswa lebih terarah lagi,” jelasnya.

Ia menuturkan, tema tersebut lahir dari fakta-fakta yang terlihat di lapangan dan dirasa perlu untuk didalami.

“Ini merupakan inisiatif dari kami untuk berbagi pengetahuan dengan narasumber yang sudah berpengalaman tersebut,” tuturnya kepada suarakampus.com.

Ahmad berharap, dengan diangkatnya seminar tersebut dapat meningkatkan minat dan potensi mahasiswa dalam menulis dan tentu akan lebih terarah nantinya. “Semoga apa yang kami sajikan ini dapat bermanfaat dan bagi mahasiswa yang ikut mampu mengaplikasikannya,” harapnya.

Salah seorang peserta, Intan Putri Ramiedi Mahasiswa PBA menyampaikan, seminar tersebut mampu menambah wawasan salah satunya, mengenai mendelay hingga cara penggunaan dan fungsi mendelay tersebut. Bahkan aplikasi itu membantu dalam mencari referensi dalam perkuliahan.

“Lewat seminar ini banyak hal baru yang saya dapat, dengan itu hendaknya dapat membantu selama perkuliahan,” ujar mahasiswa angkatan 2021 itu.

Intan berharap, acara seperti ini harus terus dilakukan sebab, banyak dampak positif yang bakal dirasakan oleh mahasiswa. “Semoga ke depannya, acara seperti ini sering diadakan agar kami para mahasiswa menjadi lebih banyak tahu tentang dunia kepenulisan,” tutupnya. (ndn)

Wartawan: Indah Yulfia

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Selain Follow Up Paba XXII, UKM Musik Langsungkan Open Recruitment

Next Post

Tingkatkan Wawasan, UKM Bahasa Ausell Buka Pendaftaran

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat