Berikan Bimbingan Karir pada Calon Wisudawan, WR III: Membangun Skill Kewirausahaan

Kegiatan bimbingan karir calon wisudawan UIN Imam Bonjol Padang oleh UPT Karir di Auditorium Prof. Mahmud Yunus (Foto: Roihan/suarakampus.com)

Suarakampus.com- Calon wisuda angkatan 88 UIN Imam Bonjol Padang diberi bimbingan karir untuk prospek kerja nantinya. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 14-15 November 2022 di Auditorium Prof. Mahmud Yunus.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Welhendri Azwar mengatakan, bimbingan karir dilakukan untuk meningkatkan peluang mahasiswa untuk membangun usaha ke depannya. “Selain lulus dengan gelar masing-masing, calon sarjana hendaknya juga mampu berwirausaha,” katanya, Senin (14/11).

“Prospek kerja untuk skill wirausaha ini juga besar, jadi dengan adanya bimbingan karir bisa nantinya membantu mahasiswa setelah lulus,” tambahnya.

Lanjutnya, Bimbingan karir diperuntukan kepada seluruh mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang namun, untuk saat ini diutamakan bagi mahasiswa yang bakal diwisuda. “Walaupun nantinya wisudawan ini tidak dapat pekerjaan sesuai dengan gelarnya, setidaknya skill kewirausahaan dapat membantu mereka,” ucapnya.

“Tidak ada paksaan dalam mengikuti bimbingan karir ini, kita hanya berikan kepada siapa yang mau saja,” ujarnya.

Kemudian, kata dia kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dan merupakan program yang diselenggarakan oleh pihak UPT Karir UIN Imam Bonjol Padang. “Bimbingan karir merupakan program dari UPT Karir, semoga dengan adanya kegiatan ini hendaknya mahasiswa terbantu nantinya,” sebutnya.

Sementara itu, calon wisuda Sejarah Peradaban Islam (SPI) Ayumi Mawardi menuturkan, kegiatan tersebut menarik untuk diikuti oleh calon wisuda lantaran belum terpikirnya pekerjaan apa yang bakal ditekuni nantinya. “Bimbingan karir ini sangat bermanfaat untuk kita yang belum tahu arah setelah lulus,” tuturnya kepada suarakampus.com.

“Bukan melulu menjadi PNS tetapi, menjadi seorang wirausahawan juga bisa ditekuni usai lulus nantinya,” sambungnya.

Sama halnya dengan Ayumi, Rahma Yulia menyebutkan bahwa usai mengikuti bimbingan karir tersebut, banyak wawasan baru yang diperoleh khususnya bidang wirausaha. “Dengan adanya kegiatan ini saya jadi mulai berpikir untuk membuat sebuah usaha ke depannya,” pungkasnya. (ndn)

Wartawan: Fajar Hadiansyah (Mg), Ahmad Roihan(Mg), Suci Syania(Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

UPT Perpustakaan UIN IB Lakukan Pelatihan Penelusuran Referensi Online untuk Mahasiswa

Next Post

Pasca Banyaknya Kasus Kehilangan, Satpam Kampus II UIN IB Padang Perketat Patroli

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat