Catat, Lima hal Penting Jawab Keresahan Pengguna WhatsApp

Suarakampus.com- WhatsApp membuat kebijakan baru dengan mewajibkan para penggunanya untuk mencadangkan data-data ke Facebook mulai 8 Februari mendatang. Dalam ketentuannya, pengguna hanya bisa menyetujui kebijakan tersebut, jika tidak Whatsapp tidak bisa digunakan, dalam arti lain pengguna tidak lagi memiliki akun WhatsApp.

Namun, menjelang 8 Februari pengguna diberikan dua opsi, yaitu memilih not now jika tidak menyetujui dan memilih agree jika menyetujui kebijakan tersebut. Setelah itu pengguna masih diberikan kesempatan untuk mengoperasikan WhatsApp kembali.

Dilansir dari Kompas Tekno, pihak WhatsApp menjelaskan bahwa data-data dibagikan secara terbatas ke Facebook sejak 2016 di ranah backend. Ini bertujuan agar terpenuhinya kebutuhan infrastruktur perusahaan. Kebijakan ini lebih menekankan kepada pengguna WhatsApp Business, di mana semua rekaman percakapan direkam ke Facebook. Akan tetapi, untuk pengguna WhatsApp biasa juga terkena dampaknya.

Kebijakan ini tentu menimbulkan kontroversi dari banyak kalangan pengguna WhatsApp. Setelah dikeluarkannya kebijakan ini oleh WhatsApp, banyak orang yang mulai membidik aplikasi signal dan telegram dan kemudian tagar #pindahtelegram menjadi trending di Twitter.

Menanggapi hal ini, dilansir dari kompas.com setidaknya ada 5 pernyataan WhatsApp yang menjadi tanda tanya bagi pengguna, yaitu:

WhatsApp dan Facebook Tidak Bisa Mendengar Percakapan Telepon dan Pesan Pribadi
“Kami ingin memberi kejelasan bahwa pembaruan kebijakan privasi tersebut tidak memengaruhi privasi pesan-pesan yang Anda kirim kepada teman atau keluarga dalam cara apa pun,” terang pihak WhatsApp dalam konferensi pers.

Catatan Panggilan dan Pesan Tidak Tercatat dalam WhatsApp
“Kami (WhatsApp) tidak menyimpan atau mencatat pesan dan panggilan yang dilakukan pengguna.” Ujar pihak WhatsApp.

WhatsApp Tidak Membagikan Kontak Kepada Pihak Facebook

Lokasi yang Pengguna Bagikan Tidak Terlihat Oleh Pihak WhatsApp dan Facebook
“Ketika Anda membagikan lokasi dengan seseorang di WhatsApp, lokasi tersebut dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Ini berarti tidak seorang pun yang dapat melihat lokasi Anda, kecuali pengguna yang Anda bagikan,” jelasnya.

Isi Grup di WhatsApp Tetap Bersifat Pribadi

Itulah beberapa pernyataan dari whatsapp yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengguna. Kali ini sekian dulu tulisan dari penulis yaa, tetap jaga kesehatan.

Penulis: Ratu Ilyani

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Syekh Ali Jaber Tutup Usia, Presma UIN IB: Kita Doakan Beliau dan Keluarganya

Next Post

Rektor UIN Imam Bonjol Padang

Related Posts
Total
0
Share