Anggota Dewan Pers: Jurnalis Harus Bisa Manfaatkan Teknologi Sebaik Mungkin

Penyampaian materi oleh Arif Zulkifli (Sumber: Kholilah/suarakampus.com)

Suarakampus.comPesatnya perkembangan teknologi menjadi bukti hadirnya era digital di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Perkembangan tersebut tentu saja membawa perubahan ke segala bidang, terutama pada dunia jurnalistik.

Menurut Anggota Dewan pers Arif Zulkifli, hadirnya teknologi di kehidupan masyarakat tidak dipungkiri dari keprofesionalan seorang jurnalis dalam mengimbangi perkembangan teknologi saat ini. Selain itu, menurutnya perkembangan teknologi juga bisa menjadi tolak ukur integritas seorang jurnalis.

“Meski ada dua dampak yang akan timbul, seorang jurnalis harus bisa memanfaatkan hadirnya teknologi di dunia jurnalistik,” katanya saat penyampaian materi via zoom meeting, Jumat (11/02).

Lanjutnya, salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang harus diamini oleh seorang jurnalis yaitu membuat masyarakat tertarik dengan berita yang ditulis dalam bentuk digital.

“Banyak cara merasakan teknologi itu, salah satunya berita dalam bentuk koran digital,” ungkapnya.

Ia mengatakan, hal itu tentu saja akan berdampak pada algoritma atau tingkat baca masyarakat yang akan meningkat. “Algoritmanya itu ada jika tingkat baca masyarakat tinggi,” pungkasnya.

Lanjutnya, meski menggunakan teknologi, seorang jurnalis tidak boleh melupakan hakikat jurnalisme sendiri, hal ini bertujuan agar dirinya tetap memiliki kualitas yang baik dalam menyajikan informasi. “Wartawan itu tugasnya mencari fakta dan kebenaran,” tuturnya.

Kemudian, kata dia, adanya perkembangan teknologi ini juga bisa berdampak pada sulitnya mengumpulkan data atau informasi dari narasumber yang terkait. Maka dari itu, jurnalis harus menggunakan beberapa trik yang tepat. “Caranya itu, wartawan tidak boleh menanyakan perihal privasi narasumber, ataupun pertanyaan tajam,  tapi hal itu akan sah-sah saja jika data tersebut menyangkut hak publik,” jelasnya.

Arif menekankan kepada jurnalis, agar bisa mengimbangi dan memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin. “Jurnalis harus bisa menggunakan teknologi sebaik mungkin,” tutupnya. (nsa)

Wartawan: Kholilah Tri Julianda (Mg)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Koalisi Penyelamatan Hutan Masa Depan Mentawai Lakukan Aksi Diam

Next Post

Polri Cap Hoaks Pemberitaan Peristiwa Wadas, Begini Tanggapan AJI Indonesia

Related Posts
Total
0
Share
Hacklinkizmir nakliyatbalgat nakliyateryaman evden eve nakliyatçankaya nakliyat